08 October 2015

Puding Cokelat Favorit

Puding adalah makanan favorit yang nggak pernah ditolak di rumah saya. Apalagi yang namanya puding cokelat, anak-anak nggak perlu nunggu ditawarin pasti udah ngambil sendiri di kulkas. Kadang-kadang belum mengeras juga udah disendokin.. ;)

Biasanya puding cokelat suka saya tambahin vla vanila. Biar kayak puding Ka Ef Ce gitu :)
 Jadi rasanya tambah mantap dan segar. 
Kalau ada buah ya, saya tambahin buah, atau pas adanya cokelat chips, ya udah.. taburin aja cokelat chips. Kadang remahan biskuit Oreo. Pokoknya apa yang ada aja, deh.



Bikinnya mudah. Dulu saya nyobain resep dari Sajian sedap. Ini saya tuliskan resepnya, siapa tau ada yang mau bikin.

Puding Cokelat

Siapkan,
800 ml susu cair
30 gram cokelat bubuk
150 gram gula pasir
1 kuning telur (kalo gak suka skip aja)
kalau mau pake cokelat blok, kurangin jumlah gula. Cicip rasa manisnya ya..

Vla :
300 ml susu cair
60 gram gula pasir
1 sdm tepung maizena. Larutkan dengan 1 sdm air.
1 kuning telur
1/4 sdt esens vanila

Cara membuat :
  1. Rebus susu cair, cokelat bubuk, gula pasir dan agar-agar sambil diaduk sampai mendidih. Matikan api.
  2. Ambil sedikit adonan, tambahkan ke kuning telur, aduk rata.
  3. Matikan api. Tuang campuran ke dalam rebusan susu. Aduk sampai rata. Nyalakan api, masak sambil diaduk sampai mendidih.
  4. Tuang ke cetakan kecil. Bekukan.
  5. Saus Vla : Rebus susu dan gula pasir sambil diaduk sampai mendidih. Kentalkan dengan larutan tepung maizena. Masak sampai meletup-letup. Matikan api.
  6. Ambil sedikit adonan, tambahkan kuning telur. Aduk rata. Tuang campuran tadi ke rebusan susu sambil di aduk sampai rata. Nyalakan api. Masak sambil diaduk sampai mendidih. Tambahkan esens vanila. Aduk rata.
  7. Sajikan puding dengan vla.
Puding ini enak banget disantap siang-siang saat hari panas. Pas anak-anak pulang sekolah atau sore hari saat pengen cemilan. Enak dan segaar.
Oh ya, kalau di rumah lagi gak ada cokelat bubuk, saya pakai susu kental manis cokelat. Jadi kurangin jumlah gulanya. Pokoknya, enaknya gimana kita aja deh. Nggak harus sesuai resep. Nggak ada yang marah juga,kan? Yang penting jadi dan enak.
Yuk, bikin.. :)




18 comments:

  1. pengen nyoba juga..ngelihat pudingnya enak bener mak...

    ReplyDelete
  2. susu cair ini,susu instan g mak??jadi mupeng pingin bikin

    ReplyDelete
  3. kalo aku adanya susu bubuk. larutkan aja dengan takaran airnya itu. Jangan terlalu cair juga nanti gak berasa susunya pas dipadu sama cokelat bubuk. Tapi kalau mau pake yg instan boleh banget. Praktis :)

    ReplyDelete
  4. Asyik ada resep dan cara buatnya, praktek akhh....makasih ya mak waya :-*

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mak Irma cantiiik :)

      Delete
  5. utk mensiasati amisnya telur gimana mbak?
    Soalnya, saya (baru) bilang ke anak-anak mau bikin puding di kasih telur, lgs gisteris gak mau " Ntar amis Bund..."

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya pake esens vanila, amisnya udah ilang sih. Cuma kadang buat yg emang gak suka, selalu aja masih berasa amisnya. Untuk amannya di skip aja kali mak. Ngikut anak-anak aja :)

      Delete
  6. Kalo pake telor ngga menggumpal ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mencampurnya harus di tempat yang kecil kayak mangkok gitu, terus pas masukin cairan puding yang dari panci harus dikocok dengan cepat, biar gak pecah atau berserabut gitu. Masukin ke panci lagi juga sambil diaduk lagi.

      Delete
  7. Aduuuuh... kesukaanku juga nih. Izin nyontek resep.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakaaan.. selamat makan puding ;D

      Delete
  8. wow puding coklat. boyz suka. kapan2 bikin yg non instan ah. kudu nyempetin waktunya nih, hehe
    thx resepnya mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo,mak..bikin. Iya, sama-sama :)

      Delete
  9. Aku sukaa banget puding. Tapi blm pernah nyoba pakai Vla, Mbak Way.

    Eh, aku ambil satu di kulkas, ya. :D

    ReplyDelete
  10. waaah wenaaak niih kayak e...praktekiiin aaaah..:)

    ReplyDelete
  11. Enak banget ini ya, Mbak, apalagi bila dimakan dingin, hmmmm....

    ReplyDelete

Hai komentar kadang-kadang di moderasi untuk menghindari komentar spam ^^
Terima kasih sudah berkunjung ya.. :)