07 May 2015

Hang Out Bareng Teman dan Keluarga di Kedai Ketan Susu Cilandak

Berkumpul dengan keluarga atau teman-teman pada waktu luang tentunya menjadi saat-saat yang paling berkesan. Apalagi kalau didukung oleh suasana yang nyaman dan makanan yang enak. Pasti akan menjadi pengalaman  yang menyenangkan.
Nah, di daerah Cilandak ada tempat yang asyik buat  ngumpul, Letaknya nggak begitu jauh dari Cilandak Town Square. Tepatnya Jalan Cilandak Tengah No.3.  Masuk aja jalan Cilandak tengah, nanti akan ketemu petunjuk berupa banner yang lumayan besar yang dipasang di kanan jalan. Kalo udah ketemu bannernya tinggal lurus aja. Di banner juga ditulis kok, kedainya tinggal beberapa meter lagi.

Sebelumnya saya  lumayan sering lewat jalan Cilandak Tengah. Dan selalu penasaran tiap baca banner kedai ketan susu. Sebagai penikmat masakan nusantara, makanan berbahan baku ketan sudah nggak asing lagi. Apalagi olahan dari ketan memang banyak bangetkan? Tapi jujur aja, saya belum pernah nyobain ketan susu. Nggak kebayang gimana rasanya.

Gayung bersambut saat pemilik kedai mengundang blogger untuk berdiskusi dan ngobrolin bisnis. Saya pun jadi bisa bertatap muka dengan pemiliknya. Beruntung sekali saya bisa mendengarkan jatuh bangun pak iman menjalankan bisnis. Dari bisnis salon mobil sampai tercetus ide untuk membuka usaha kuliner.  Semua berawal dari kecintaannya terhadap cita rasa masakan khas keluarga. Rasanya nggak rela kalau masakan yang enak itu hanya dinikmati oleh keluarga besar. Pak Iman menggali lebih dalam resep-resep andalan keluarga. Kemudian menghadirkannya agar bisa dinikmati orang banyak.

Konsep kedai yang dipilih pak Iman juga sangat sederhana. Kesan teduh dan terbuka membuat pengunjung merasa nyaman menikmati makanan sambil ditemani hembusan angin yang bergerak bebas. Nggak perlu takut kepanasan karena kedai susu dinaungi pohon besar yang ada di tengah-tengah kedai. Bagian belakang ada mushola dan  kolam kecil berisi dua ekor kura-kura. Adanya kura-kura ini bikin anak-anak betah berlama-lama di kedai ini.




Kolam kecil di bagian belakang dekat  mushola. Kura-kuranya lucu.. :)


Menu yang disediakan juga beragam. Dari makanan berat, ringan sampai dessert andalan. Untuk sarapan pagi ada seporsi ketupat sayur medan yang rasanya mantap. ketupat sayur yang istimewa ini disajikan dengan telur dan sepotong daging. Tambah maknyus kalau ditambahkan sambal buat penyuka rasa pedas.


Selain ketupat sayur medan ada juga soto Padang. Pasti udah nggak asing lagi ya? Rasanya segar. Irisan daging pelengkapnya bikin rasanya nagih. tambahkan sambal lagi biar rasanya makin nampol ya..


Nah, untuk yang pengen makan nasi, kedai ini punya olahan nasi dan pelengkap yang juara. Ada Nasi burih yang enaaak bangeet. *Saya suka, saya suka! :D
Nasi yang dibungkus daun pisang ini kerasa banget bumbunya. Saya yang awam bumbu nggak bisa jelasin, tapi rasanya gurih dan enak.  Maaf ya, foto nasi burihnya masih dibungkus. Waktu dibuka udah kelupaan mau difoto. Sibuk makan soalnya ;D

Kalo pengen nasi dan pelengkap lain, ada menu nasi dengan sayur buntil juga lho. Buntilnya dibuat dari daun talas dengan isian kelapa parut dan teri. Teman makan buntilnya tempe bacem.Mau tahu rasa buntilnya?
Bumbunya perfect. Enaaaak.., daun talasnya lembut membelai lidah. Ditambah lagi makan pake nasi anget, mertua lewat pasti ikutan makan juga.. *nggak tega maubbilang dicuekin ;D
Kalo pengen coba menu lain ada nasi dengan daging balado. Yang ini lain lagi enaknya. Dagingnya empuk dan bumbunya meresap sampai ke dalam. Kayaknya makan daging balado ini gak cukup sepotong deh^^


Buat penyuka ayam bisa coba ayam goreng madu. Nasi dengan ayam goreng madu ini disajikan dengan sambal. Buat anak-anak juga cocok nih. Tinggal skip aja sambalnya.


Oh ya, kedai ini juga punya makanan kecil andalan. Ada bitterballen dan pangsit goreng dengan bumbu kacang.  Sambil ngobrol nyemil ini seru banget. Apalagi ditemani minuman yang juga beragam. Minumannya unik-unik. Selain es kopi spesial, ada es jahe asem dan wedang uwuh juga. Minuman berempah ini rasanya beda. enak deh. Kalo mau nyobain yang beda lagi, ada jus dan es lidah buaya. Udah pada tahu manfaat lidah buaya,kan? Yang bikin istimewa, lidah buaya kedai ini diambil dari kebun sendiri, Jadi pak Iman yang juga hobi berkebun ini punya tanah yang cukup luas, dan ditanamin lidah buaya dan pepaya premium. Hasilnya untuk dibuat minuman dan dijual di salah satu sudut kedainya.


Eh, tunggu dulu, ketan susunya gimana?
Hoho.. ini dia nih olahan ketan yang unik dan bikin saya penasaran. Ada tiga pilihan rasa yang bisa kita coba. Original, sarikaya dan durian. Untuk original, ketan disajikan dengan susu dan taburan kacang yang dihaluskan. Kalau untuk sarikaya dan durian tinggal  ditambahkan di atas ketan.
Favorit saya ketan susu sarikaya. Durian juga enak lho.. cuma saya pribadi suka sarikaya. Mengingatkan saya sama Ibu yang suka bikin sarikaya. Perantauan seperti saya bisa mendadak mellow kalau nyobain makanan yang menyimpan kenangan. ;) Sekarang saya tahu,  kalau saya kangen sarikaya ibu, saya bisa langsung meluncur ke kedai ini.

maaf, fotonya kurang bagus. Tidak menunjukkan warna aslinya ;)

Oh ya, sharing bisnis dari pak Iman sangat menarik dan membuka wawasan saya tentang bisnis yang ternyata tak sepenuhnya tentang bagaimana meraih keuntungan. Tapi juga menyisipkan idealisme dan keinginan untuk melestarikan kekayaan kuliner nusantara.
Acara diakhiri dengan materi dari mas Yunus tentang bagaimana memaksimalkan blog menjadi sumber penghasilan. Banyak pengetahuan baru yang didapat dari kumpul seru di kedai ini. Makanan enak, suasana yang nyaman dan ilmu yang bermanfaat.
Sukses selalu untuk kedai ketan susu ya..
Semoga bisa hang out lagi di lain waktu.




                                   

14 comments:

  1. Suasananya homey banget yak:D Di Surabaya kapan dibuka cabangnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, suasana terbuka gitu bikin suasana jadi akrab. Mungkin nanti akan ada di Surabaya juga. Kita doakan yuk :)

      Delete
  2. Emmmm...saya pilih yang durian sajaa, Mbak Waya.
    Btw, jadi pingin buntil. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Idah.. aku suka banget buntilnya. enaaak :)

      Delete
  3. Kalau liat dari gambar, mirip kacang ijo gak rasanya? kan ada tuh kacang ijo yg ada ketannya, trus kacang ijonya dihilangin, mungkin kyk gt ya?
    Pengen nyobak tapi jauh amat dicilandak, saya tinggal di Bali, hehehe

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. hihiii..iya. Kura-kura ini bikin anak-anak betah :)

      Delete
  5. wahhh tempatnya bikin nyaman banget ya mba, bikin selera makan makin nambah tuh kayaknya :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Pista.. tempatnya beda sama yang lain. Enak buat santai. Kalau kenyang istirahat bentar, trus pesen lagi nambah. hehehe

      Delete
  6. aku pikir cuma ketan aja menunya ternayta banyakya mak. Aku kurang suka ketan soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menunya banyak kok, jadi bisa coba di hari yang berbeda. :)

      Delete
  7. Referensi nih, buat buka puasa bersama. Tempatnya asik keliatannya :)

    ReplyDelete
  8. Lucu lucuuuu menunyaaa...dari tadi liat makanan mulu di sini heheheee

    ReplyDelete
  9. srupuutt, kayaknya minum yang hangat2 sambil memandangi desain sekitarnya menarik banget ya mak :) itu Cilandak mananya mak?

    ReplyDelete

Hai komentar kadang-kadang di moderasi untuk menghindari komentar spam ^^
Terima kasih sudah berkunjung ya.. :)