Pages

30 May 2020

MENJAGA KESEHATAN MENTAL KUNCI HIDUP BAHAGIA



image : pixabay.Com


Ketika wabah Corona melanda Jakarta beberapa bulan lalu, di awal-awal saya sempat mengalami kecemasan. Perasaan takut membuat saya sering merasa berdebar-debar. Bukannya saya nggak tawakal. Setiap hari dijejali berita tentang angka pasien yang terus bertambah, kemudian disusul dengan penyebaran di daerah-daerah, secara perlahan membuat mental saya sedikit down. Sampai suatu ketika, saat pengumuman di Jakarta akan dilaksanakan PSBB, saya merasa sedih dan menangis.

Entahlah.. rasanya sulit dijelaskan dengan kata-kata. Ada rasa kesal dan kecewa. Apalagi, ketika pada kenyataannya nggak semua orang punya kepedulian untuk melindungi diri sendiri dan orang lain. Sikap sebagian orang yang masih cuek, sangat mengganggu saya.

Semakin hari, saya merasa makin stress :(

Untungnya, perasaan seperti ini nggak berlangsung lama. Lewat obrolan bersama teman-teman di grup whatsapps, akhirnya saya menyadari, kalau saya nggak sendiri. Ternyata beberapa teman juga mengalami perasaan yang sama. Obrolan kami menjadi ajang untuk saling menguatkan. Dan alhamdulillah, pelan-pelan saya merasa tenang.



PENTINGNYA MENJAGA KESEHATAN MENTAL


Berdasarkan pengalaman yang pernah saya rasakan, membuat saya semakin menyadari betapa pentingnya menjaga kesehatan mental. Banyak hal yang dapat membuat seseorang mudah terkena stress. Rasa kesal dan kecewa sering menjadi pemicunya. Makanya, penting banget untuk menjaga diri untuk tetap berpikir positif dalam setiap situasi.

Bersikap positif membantu kita agar terhindar dari stress. Tahu sendiri, kan. Makin stress seseorang, makin besar peluang terganggu kesehatannya.

Nah, untuk menjaga agar mental tetap sehat, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Apalagi di masa-masa pandemi seperti sekarang ini. ketenangan pikiran sangat dibutuhkan.


HINDARI BERITA YANG MENGAKIBATKAN RASA NGGAK NYAMAN


Ya, inilah yang saya lakukan ketika kecemasan semakin meningkat. Tanpa disadari, berita-berita yang masuk ke dalam pikiran, memancing rasa khawatir yang berlebihan. Belum lagi sebaran hoax di whatsapps oleh orang-orang yang nggak bertanggung jawab. Bukannya bikin adem, malah membuat info jadi simpang siur. 

Daripada terus-terusan terpapar hoax dan stress melihat jumlah pasien yang terus bertambah, lebih baik saya mencari info tentang apa yang harus dilakukan sebagai pencegahan. 
Untuk mendapatkan info terbaru, saya follow akun-akun dokter yang aktif memberikan informasi di twitter. Jadi, saya mendapatkan info yang akurat.
Selain itu, untuk menambah wawasan seputar kesehatan dan juga mental, saya banyak mencari informasi di halodoc. Cara ini membantu banget, karena saya jadi tau banyak, faktor apa saja yang dapat memicu terganggunya kesehatan mental dan apa aja yang harus dilakukan. 
Kalau ada masalah tentang kesehatan yang perlu didiskusikan pun, saya bisa bertanya langsung di halodoc. 

SIBUKKAN DIRI DENGAN BERBAGAI AKTIVITAS


Salah satu cara agar mental tetap sehat, adalah menjaga perasaan tetap happy. Lakukan aktivitas yang menyenangkan atau bisa juga dengan belajar hal-hal baru. Dengan tetap aktif, pikiran akan selalu fokus pada hal-hal yang kita inginkan. 


AJAK NGOBROL ORANG YANG BISA DIPERCAYA


Ini cara yang ampuh untuk berbagi apa yang sedang kita rasakan. Berdiskusi dengan teman, sahabat atau orang terdekat yang bisa dipercaya, membuat kita nggak merasa sendirian dalam menghadapi masalah. Meski mereka hanya sekadar mendengarkan, rasanya cukup melegakan. 



CUKUP ISTIRAHAT, OLAHRAGA DAN MAKAN MAKANAN DENGAN GIZI SEIMBANG


Jangan sepelekan soal istirahat. Kurang tidur membuat kondisi menjadi tidak fit. Emosi jadi gampang tersulut. Tetap usahakan berolahraga walau hanya senam-senam ringan. Minimal, streching  biar badan nggak kaku-kaku amat. ^^
Selain itu, jaga asupan makanan dan minuman, biar tubuh tetap kuat dan sehat. Kan ada slogan yang bilang "di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat" jadi, pas banget, kan. Badan sehat, mental kuat!


IKHLAS,  MOHON PERTOLONGAN PADA YANG MAHA KUASA


Segala sesuatu yang terjadi di muka bumi ini, adalah atas kehendak Allah yang maha kuasa. Syukuri semua yang sudah kita punya. Jika beban masih terasa berat, ingatlah bahwa kita nggak akan menanggung beban, lebih dari batas kemampuan.  Mohon pada Nya agar segala kecemasan, kesedihan, dan kekhawatiran yang muncul di benak kita, segera  hilang. Berganti dengan kebahagian. Perasaan ikhlas akan mendatangkan perasaan lega yang luar biasa.



Menjaga kesehatan mental sangat penting agar kita dapat menjalani hari-hari dengan bahagia. Jika kadang realita yang terjadi nggak sesuai dengan ekspektasi,  ya nggak apa-apa. Ada saatnya kita perlu berdamai dengan keadaan. Yang penting jangan putus asa.

Jika butuh bantuan, seperti yang saya sebutkan di atas, ada halodoc yang bisa diandalkan. Nggak perlu keluar rumah, nggak perlu antre, bisa langsung konsultasi dengan dokter-dokter yang ahli di bidangnya.







Jadi, don't worry be happy, ya. Mental yang sehat membuat kebahagiaan akan selalu menjadi milik kita.






















No comments:

Post a Comment

Hai komentar kadang-kadang di moderasi untuk menghindari komentar spam ^^
Terima kasih sudah berkunjung ya.. :)