Pages

22 August 2016

Pameran Foto di HUT ASEAN ke 49



Saya senang sekali ketika mendapat informasi, Hari Ulang Tahun ASEAN yang ke 49 tahun 2016 ini, dimeriahkan dengan kegiatan pameran foto. Apalagi pameran fotonya diadakan di Museum Seni Rupa dan Keramik, Kota Tua. Tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Pameran ini terbuka untuk umum dan menampilkan foto-foto perjalanan sejarah ASEAN. Ya, itung-itung jalan-jalan dan mengulang kembali pelajaran tentang ASEAN waktu sekolah dulu.

Acara HUT Asean dibuka oleh Menteri Luar Negeri, Ibu Retno Marsudi  pada sabtu pagi tanggal, 6 Agustus dan dihadiri oleh sejumlah tamu-tamu negara dan berbagai kalangan.


Selain itu, ada juga penampilan dari penyanyi Philipina dan dua tarian daerah yaitu tari betawi dan tari zapin. Penyannyi dari Philipina ini menyanyikan beberapa lagu secara medley. Diantaranya ada lagu Terima kasih cinta yang diucapkan dengan fasih.


Ada lagi yang bikin seneng. Di halaman depan museum disiapkan tenda-tenda yang berisi bermacam-macam makanan khas dari beberapa negara Asean. Ada makanan khas Vietnam, Singapura, Laos, Philipina dan Indonesia tentunya. Hm, kapan lagi nyobain makanan khas negara lain,kan? Bisa mencicipinya memberikan satu pengalaman berkesan.


 PAMERAN FOTO

foto dok: Gita Siwi
Memasuki bagian dalam museum tempat foto-foto dipajang memberi kesan tersendiri. Terdiri dari 60 foto yang menampilkan berbagai peristiwa, tempat dan juga ragam budaya. Setiap yang melihat pasti langsung dapat merasakan indahnya kerjasama yang terjalin. Baik dari kerjasama membangun perekonomian, juga seni budaya.


foto dok: Dian Anthi
Pasti pada tau MEA kan? MEA adalah bentuk kerjasama dalam bidang ekonomi. MEA yang merupakan kepanjangan dari Masyarakat Ekonomi Asean yang digagas oleh negara-negara Asean, bertujuan untuk memajukan ekonomi masing-masing negara. Dengan dibuatnya MEA, tentunya masing-masing negara harus meningkatkan daya saing untuk bisa menuai sukses.

Melalui HUT Asean ke 49 ini lah, diharapkan masyarakat dapat lebih memahami tentang Asean. Mengenal Asean lebih dekat lewat pameran foto yang ditampilkan. Dan ikut merasakan manfaat dari MEA.

Nggak cuma dari segi ekonomi aja sih. Stabilitas keamanan negara pun ikut terjaga. Selama 49 tahun, negara-negara yang tergabung dalam Asean menjadi negara yang rukun, tentram dan damai.

Sebagai warga negara Indonesia yang cinta damai, sudah seharusnya kita ikut berperan serta dalam menciptakan perdamaian dan semangat kebersamaan.

Selamat ulang tahun ke 49 untuk Asean. Makin solid, makin kompak dan makin maju untuk semua warganya.











1 comment:

  1. Wah seru ya ternyata, sayang sekali saya ga bisa datang kemarin. Karena ada keperluan mendadak.

    ReplyDelete

Hai komentar kadang-kadang di moderasi untuk menghindari komentar spam ^^
Terima kasih sudah berkunjung ya.. :)