Pages

27 November 2015

Peran Bea Cukai dalam Mencegah Barang Terlarang Masuk Ke Indonesia

Dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Nasional yang jatuh pada tanggal 9 Desember, saya dan teman-teman blogger, pada hari Rabu tanggal 18 November kemarin mendapat kesempatan untuk berkunjung ke Bea Cukai Kantor Pos Pasar Baru. Acara ini juga melibatkan beberapa perwakilan dari mahasiswa. Pada kunjungan ini, kami diajak untuk melihat langsung  proses masuknya sebuah barang melalui pengiriman di kantor pos. Bukan hanya itu, kami juga akan menyaksikan demo dan aksi dari jagoan-jagoan K9.  Eh, apa itu jagoan K9? nanti ya, saya jelaskan.. 

Memasuki kantor Bea Cukai Kantor Pos Pasar Baru, kami menuju lantai 2, Ruang Korea untuk berbincang-bincang dengan narasumber. Hadir pada waktu itu :

1. Bapak Muhammad Akhadi Jatmiko
    Selaku Kepala Bidang Analisis dan Tindak Lanjut Kepatuhan Internal PUSKI Kepabeanan dan           Cukai.

2. Ibu Nurtanti Widyasari
    Selaku Kepala KPPBC Tipe Pratama Kantor Pos Pasar Baru

3. Bapak Himawan Setiyo
    Selaku Kasubsi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan KPPBC Tipe Pratama Kantor Pos Pasar Baru




Para narasumber yang ramah menjelaskan tentang fungsi Bea Cukai dalam pengawasan barang-barang yang masuk melalui pengiriman di kantor pos.  Di sinilah peran strategis  Bea Cukai dalam melakukan pengawasan sekaligus pelayanan bagi pengguna jasa kiriman pos internasional agar sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Dari bincang-bincang pagi itu, ternyata masih banyak masyarakat yang belum mengerti konsekwensi pengiriman barang dari luar ke Indonesia. Jujur, saya juga baru mengetahui ada beberapa barang yang bahkan tidak diperbolehkan, barang yang dibatasi dan harus dimusnahkan. 


Hal-hal yang harus diperhatikan saat menerima kiriman dari luar negeri


Saat ini banyak orang Indonesia yang berbelanja melalui website penjualan online luar negeri Tapi, sebelum melakukan belanja online, ada hal-hal yang harus diperhatikan. Jangan lupa untuk :
  1. Pastikan barang yang dikirim bukan barang larangan
  2. Ketahui terlebih dahulu apakah memerlukan izin
  3. Apabila Barang Kena Cukai pastikan tidak melebihi batas
  4. Ketahui perkiraan jumlah pungutan impornya
  5. Ketahui jenis kiriman yang digunakan
Dengan memperhatikan hal tersebut, kita akan terhindar dari kerugian karena barang tidak sampai.
Oh ya, satu hal yang juga perlu diingat, jangan tergoda dengan tawaran free shipping, karena kemungkinan akan dikirim dengan menggunakan jenis pengiriman yang paling murah, sehingga tidak bisa dilacak. Rugi bangetkan..


Dan, berikut ini jenis barang yang dilarang dan akan dimusnahkan bila ditemukan dalam pengiriman:

  • Barang larangan seperti narkotika, psikotropika dan obat-obatan terlarang lainnya.
  • Kosmetika tanpa izin edar, dilarang walaupun hanya untuk pemakaian pribadi dan tidak diperjual belikan.
  • Obat tradisional, suplemen, produk pangan olahan selain untuk kepentingan pengobatan atau penyembuhan suatu penyakit.
  • Buku, majalah, barang cetakan lainnya, cakram optik dan barang lain yang mengandung pornografi/ melanggar kesusilaan.

Usai bincang-bincang, kami mengunjungi ruang kantor pos yang sibuk dan penuh dengan paket barang besar dan kecil. Tumplek semua.. sejauh mata memandang :)

Melihat proses pemeriksaan barang kiriman yang masuk memberikan kesan tersendiri. Ratusan paket yang masuk akan melalui pemeriksaan X-ray. Apabila ditemukan benda mencurigakan, barang akan dipisah untuk diperiksa lebih lanjut.






Kemudian semua akan disusun rapi untuk melalui proses selanjutnya. Pada tahap ini, anjing pelacak akan mencari barang-barang yang mencurigakan. Suasana mendadak riuh ketika si anjing pintar berhasil menemukan obat terlarang yang diselipkan sedemikian rupa di dalam paket. Good Boy! nggak ada yang luput dari endusannya.


Untuk barang-barang yang bukan barang terlarang, akan dibuka oleh pihak kantor pos disaksikan pihak Bea Cukai untuk menentukan biaya masuknya, Apabila jumlahnya melebihi ketentuan, akan dibuatkan surat pemberitahuan kepada penerima. Jika si penerima menyetujui untuk membayar biayanya, barulah barang akan dikemas kembali. Hm, kayaknya capek banget ya.. dibuka, diteliti trus dibungkus lagi. Dan itu nggak cuma beberapa lho, ratusan paket setiap harinya..  Saluut!



kalau ini adalah kosmetik yang ditemukan di dalam paket. Kosmetik tanpa izin ini masuk dalam kategori barang terlarang. Harap diingat, jangan belanja kosmetik tanpa izin ya.. paketnya dijamin nggak akan sampai.. :)

Berkunjung ke Contact Center Direktorat Jendral Bea Cukai


Beranjak siang kami berkunjung ke Contact Center Bea Cukai di Rawamangun. Melihat bagaimana sibuknya petugas menjawab telepon yang masuk.  Contact Center yang melayani masyarakat pada hari kerja ini, bisa dihubungi di nomor 1500225. Kalau ada yang mau ditanyakan, jangan ragu untuk menghubungi mereka, ya.. 



Museum Bea Cukai


Beruntungnya hari itu, kami juga diajak melihat-lihat Museum Bea Cukai. Museum yang memajang benda-benda bersejarah milik Bea Cukai. Selain menyimpan benda bersejarah dan juga manekin dengan baju seragam Bea Cukai, kita juga bisa membaca sejarah asal mulanya bea cukai itu dengan lengkap di salah satu dinding Museum.
Diorama yang ada di sana juga keren-keren. Betah lama-lama berada di Museum ini :)




Sayang banget kamera saya lowbat, jadi nggak banyak foto yang bisa diambil. :(

Berkunjung ke K-9, Tempat Pelatihan Anjing Pelacak


Seperti yang saya singgung di awal tadi, kami juga diajak berkunjung ke komplek pelatihan anjing pelacak. Melihat demo bagaimana si anjing pintar berhasil menemukan benda mencurigakan.
Keren dan membuat kita berdecak kagum. Kalau nggak pakai anjing pelacak, pasti akan sulit bila hanya mengandalkan tenaga petugas.



Setiap hari, anjing dari K-9 ini dilatih untuk meningkatkan kemampuannya. Jumlahnya cukup banyak dan terdiri dari berbagai jenis. Ada yang besar, kecil dan yang menyeramkan juga ada :)
Setiap anjing pelacak ditangani oleh satu orang yang akan mendampingi. Teriakan-teriakan penuh semangat dilontarkan : "Good Boy.., Good..,Find it, find it buddy! 
si anjing akan semakin lincah mengendus setiap barang. Begitu menemukan benda mencurigakan, anjing akan menyalak atau mengeram dengan keras. Anjing ini nggak akan berhenti sebelum benda mencurigakan itu diamankan. Hm.. Good Job! Good Job, Buddy.. teriakan pelatih mengakhiri demo sore itu.

------

Mengikuti kegiatan kunjungan ke Bea Cukai ini menambah wawasan baru bagi saya dan teman-teman. Juga menyadari betapa pentingnya peran Bea Cukai dalam mengawasi arus masuk barang dari luar ke Indonesia. Nggak kebayang kalau barang- barang yang terlarang seperti narkotika dan benda-benda yang melanggar susila masuk dengan bebas. Tentunya masa depan anak bangsa akan dipertaruhkan.

Bravo untuk Bea Cukai. teruslah : Tegas dalam Pengawasan, Prima dalam Pelayanan..

24 November 2015

Brush with Danger, Film Karya Anak Indonesia

Saya selalu bangga dengan film hasil karya anak Indonesia. Apalagi bila hasil karya mereka bisa diterima di taraf internasional seperti Hollywood. Seperti halnya kebanggaan saya dengan Livi Zheng.  Seorang gadis muda berbakat yang berhasil membuat film Brush with Danger masuk nominasi kategori "Best Picture" di Penghargaan Piala Oscar tahun 2015. Film ini akan diputar di bioskop pada tanggal 26 November nanti.

Sabtu, tanggal 21 November kemaren, saya dan teman-teman Blogger Reporter Indonesia (BRID) mendapat kesempatan nonton bareng, premiere film karya Livi Zheng di Epicentrum XXI Jakarta Selatan. Senangnya lagi, kami bahkan bisa bertemu langsung dan sempat foto bersama dengan gadis manis asal kota Malang yang menyutradai film Brus with Danger tersebut.

Film Brush with Danger ini ditulis oleh adik Livi sendiri, Ken Zheng. Hm, kompak banget, ya.., sang kakak sebagai sutradara dan adik sebagai writer, di film ini mereka juga berperan sebagai kakak dan adik. Ilmu beladiri yang mereka kuasai menjadi kekuatan yang disuguhkan di beberapa adegan.

Brush With Danger



Cerita berawal dari datangnya rombongan imigran gelap yang dikirim dengan kontainer. Alice Qiang (Livi Zheng) dan adiknya Ken (Ken Zheng) mencoba peruntungan dengan mengandalkan bakatnya sebagai pelukis. Baru saja keluar dari kontainer mereka harus menghadapi kerasnya kota, berkelahi dengan orang yang berusaha merampas tas dari imigran. Perkelahian seru terjadi, malangnya Alice malah kehilangan tas yang berisi uang miliknya.

Tanpa uang di New York, membuat mereka kelaparan dan terpaksa tidur di jalanan. Makan roti sisa dari restoran dan terkadang harus bersembunyi dari polisi yang sedang berpatroli. Untuk menyambung hidup mereka berjualan lukisan. Sayangnya lukisan karya Alice tak mampu menarik minat pengunjung untuk membeli. Sampai akhirnya sang adik, Ken memamerkan keahliannya ilmu bela dirinya dan memaksa Alice untuk ikut serta.  Pengunjung merasa terhibur dan rela memberikan uang untuk pertunjukan itu.

Suatu hari, Justus Sulivan seorang pria pemilik galeri tanpa sengaja menyaksikan pertunjukan Alice dan Ken, Melihat hasil lukisan Alice, Justus menawarkan kontrak kerja. Sayangnya pria ini bukanlah orang baik seperti yang mereka duga.  Dengan berbagai alasan dan tipu daya, Alice diminta untuk membuat lukisan tiruan yang sama persis dengan lukisan Van Gogh. Di sinilah dilema di mulai, meski di tempat asalnya meniru suatu karya sudah menjadi hal yang biasa, bagi Alice, meniru lukisan seorang Van Gogh bukanlah hal yang mudah. Nama besar Van Gogh membuat nyali ciut. Apalagi Alice tahu, lukisan Van Gogh memiliki jiwa dalam setiap goresan kuasnya.  Sulit untuk menirunya.

Tanpa sepengetahuan Alice, ternyata nyawanya sedang terancam. Seorang pelukis  wanita Asia terbunuh, belakangan diketahui wanita itu juga terkait dengan kasus lukisan yang dipalsukan. Berhasilkah Alice meniru lukisan Van Gogh tersebut? Bagaimana dengan statusnya sebagai imigran gelap?
Hm, kalau ingin tahu kelanjutannya, catat tanggal mainnya, ya.. :)

Film ini menyuguhkan cerita yang simpel. Nggak bikin kening berkerut. Juga nggak banyak intrik seperti layaknya film-film action. Andai digali lebih dalam lagi, pasti hasilnya akan lebih baik. Keahlian bela diri Livi dan Ken patut kita apresiasi. Brush with Danger juga menyajikan gambar-gambar yang enak dilihat. Lukisan yang indah, dan hubungan kakak, adik yang manis.


Harapan saya, Livi nggak berhenti sampai di sini. Semoga ke depannya Livi bisa menghasilkan karya yang lebih baik lagi.  Dan membuat bangga kita sebagai orang Indonesia.




22 November 2015

Menuju 2019 Indonesia Bebas BABS

Bertepatan dengan peringatan Toilet Day yang jatuh pada tanggal 19 November lalu, UNICEF mengadakan diskusi yang diberi tajuk Aksi Nasional Tinju Tinja di Terrace Cafe, Senayan.
Mungkin teman-teman agak gimana ya, pas baca ada tinja-tinjanya? Iya, ini gak enak untuk ditulis, tapi penting banget untuk kita ketahui bersama. *tariknapas..

Teman-teman, ternyata negara kita sekarang ini memegang predikat Juara 2 dunia, sebagai pelaku BABS atau Buang Air Besar Sembarangan. Juara 1 dipegang oleh India. Meski tahun ini sudah ada penurunan, tapi predikat juara 2 masih betah menetap, nggak mau pindah ke negara lain. Ini rasanya agak.... hm, gimana ya? Malu, sekaligus sedih. Tapi mau gimana lagi. Ini fakta yang harus kita ketahui bersama.

Join Monitoring Program (JMP) WHO/UNICEF 2015 melaporkan lebih dari 51 juta orang di Indonesia masih melakukan BABS, ini sudah mengalami penurunan dari sebelumnya 55 juta. Dan banyak dilakukan oleh masyarakat dengan tingkat ekonomi rendah/miskin. Di beberapa tempat, BABS di ruangan terbuka sudah merupakan kebiasaan yang tertanam sedari kecil. Selain ketidakmampuan untuk menyediakan toilet atau bahkan tidak punya rumah, praktek BABS dianggap normal dan tidak membahayakan. Padahal, berbagai dampak buruk akan timbul karena perilaku buruk  BABS. 

Mari kita lihat bagaimana BABS mencemari lingkungan:




Dan ini, bagaimana pentingnya BAB di toilet mempengaruhi kesehatan kita.



BABS ini akan berpengaruh pada banyak hal. Kesehatan dan masa depan anak-anak Indonesia bisa terganggu karena masalah ini. Serius!

Dampak BABS Bagi Perkembangan Gizi Anak


Bagi pelaku BABS mungkin tak pernah terpikirkan kebiasaan buruk yang mereka lakukan akan  berpengaruh pada perkembangan gizi anak. Setiap kotoran yang mengalir di sungai, mencemari air, dapat menyebabkan banyak anak terkena diare dan meninggal. Setiap jam, ada 15 sampai 22 anak di Indonesia yang meninggal akibat diare dan pneumonia yang sebenarnya bisa dihindari dengan menjaga kebersihan dan sanitasi yang baik.


Bukan hanya itu saja, setiap harinya, anak-anak di Indonesia berenang dan mandi di sungai yang penuh dengan tinja dan limbah bekas mencuci. Ini jelas bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Tubuh mereka akan rentan penyakit. Bagaimana gizi akan terserap dengan baik bila tubuh dihinggapi kuman penyakit. Bisa dibayangkan dampak buruk ini akan menghantui masa depan anak-anak Indonesia.

Aksi Nasional Tinju Tinja




Menyadari kenyataan BABS memberi dampak buruk bagi masa depan anak-anak Indonesia, UNICEF menjalankan Program Aksi Nasional Tinju Tinja. Sebuah program yang memberikan edukasi dan mengajak masyarakat membahas isu BABS yang selama ini kurang mendapatkan perhatian dari masyarakat. Melanie Subono dan Dion Wiyoko didaulat sebagai duta untuk aksi kampanye ini. Kepopuleran mereka diharapkan mampu untuk menggerakkan kaum muda untuk dapat bergandeng tangan mengubah keadaan menjadi lebih baik. Kabar baiknya, setahun berjalan, terjadi penurunan. Meski masih belum terlalu banyak, tapi ini sangat melegakan. 

Sebagai langkah selanjutnya, gerakan Tinju Tinja pun diangkat menjadi suatu aksi nasional, di mana UNICEF mengajak masyarakat di seluruh bagian Indonesia untuk berpartisipasi aktif membebaskan Indonesia dari ancaman BABS dalam payung Aksi Nasional Tinju Tinja. Melalui Aksi Nasional Tinju Tinja, masyarakat Indonesia bebas berpartisipasi dengan cara dan gaya mereka sendiri, baik menyebarkan fakta-fakta seputar isu-isu BABS  serta memberikan kontribusi  melalui kreasi  positif sebagai bentuk dukungan terhadap saudara kita di seluruh pelosok  Indonesia dalam mencapai Indonesia bebas BABS. Edukasi di daerah-daerah yang terdeteksi BABS terus dilakukan. 

Ini memang perlu kerja keras. Target untuk bebas dari BABS di tahun 2019 memang bukan sesuatu yang mudah. Tapi. dengan mengetahui  fakta-fakta melalui  Tinju Tinja, kita bisa  mengetahui masih ada hal  yang bisa kita lakukan untuk lndonesia. Apapun aksi dan kreasinya partisipasi kita akan sangat berarti untuk Indonesia.

Ayo, bergabunglah dengan Aksi Nasional Tinju Tinja, Berikan aksimu untuk Indonesia, bersama kita bebaskan Indonesia dari ancaman BABS.

*Sumber infografis : www.tinjutinja.com

18 November 2015

Gathering Blogger with Mobil123.com

Saat ini, keinginan memiliki mobil impian  nggak perlu waktu lama buat mewujudkannya menjadi nyata. Bila sudah punya dana, kita tinggal mencari pusat penjualan mobil yang terpercaya. Kecuali kalau mobil impiannya kayak punya Syahrini atau Roro Fitria, ya.. nggak tau deh, kapan kesampaiannya. Ngumpulin duitnya lama.. *kalau buat saya sih,ya  ;)

Saat acara Gathering Blogger yang diadakan di Tartine FX Senayan kemarin. Saya belajar tentang pentingnya memilih tempat penjualan mobil yang aman, bila ingin mencari mobil idaman. Ada beberapa pertimbangan penting yang nggak boleh ditawar saat kita memilih situs penjualan mobil. Pilihlah situs yang terpercaya dan memiliki angka penjualan yang bagus. Banyak yang beli berarti banyak yang puas dengan mobil yang dijual. Mau beli mobil baru ada, mau beli yang bekas juga ada. 


Mobil123.com. Situs yang satu ini nggak  hanya menjual mobil saja. Tapi juga memberikan banyak pengetahuan bagi pencinta dunia otomotif. Di halaman khususnya ada berita terbaru tentang mobil teranyar, motor atau berita informatif lainnya. Cukup seru baca-baca info di situ.
Mobil123.com memiliki komitmen untuk menjaga kepercayaan konsumennya. Penjual mobil di situs ini sudah menjalani proses verifikasi. Jadi nggak perlu ragu untuk melakukan transaksi. 
Kita juga bisa mencari informasi dulu, tentang mobil yang sesuai dengan spesifikasi yang kita inginkan. Tinggal klik, muncul deh. Pokoknya menyenangkan sekali berada di Mobil123.com.

Tips Berkendara yang Aman


Puas mengulik Mobil123.com acara juga diisi dengan bincang-bincang bersama Shintaries. 


Shintaries  menyampaikan beberapa hal penting tentang keselamatan saat mengendarai mobil. Yang saya ingat, 
  • Selalu gunakan sabuk pengaman.
  • Jangan menggunakan telepon genggam
  • Jangan menggunakan bahu jalan
  • Jangan menggunakan lampu hazard 
  • Gunakan Carseat untuk anak sesuai dengan umurnya.
Tips yang sangat berguna untuk diterapkan pada saat berkendara. Aman dan pasti nyaman karena nggak membahayakan orang lain. Okesip.. *Noted.


Acara berlanjut dengan games dan obrolan tentang SEO dari Mas Rizki. Tentang memaksimalkan google+ dan bagaimana membuat konten yang unik dan bermanfaat. Bagaimanapun konten adalah hal yang penting dalam membangun sebuah Blog. Yap, setuju banget. Dan itu memang perlu kerja keras.. 


 Terakhir adalah sesi foto-foto.. inilah Narasumber dan Tim dari Mobil123.Com yang ramah dan ceria. Pokoknya acara hari itu betul-betul penuh tawa. Khususnya untuk games yang konyol tapi bisa bikin kita ketawa sampai sakit perut. Kocak, banyak ilmu dan seru..


Okey, makasih Mobil123 , kapan-kapan, kita Gathering lagi ya.. :)












16 November 2015

Cara mudah untuk Menjaga Kondisi Tubuh

Musim hujan begini, kalau nggak pintar-pintar jaga kondisi kesehatan, yang namanya penyakit mudah sekali menyerang. Soalnya udara yang sejuk dan suhu yang lembab memang menjadi sarang empuk untuk kuman berkembang biak. Akibatnya kondisi tubuh yang kurang fit jadi mudah tertular penyakit yang biasanya terpapar melalui udara. Padahal kalau sakit menyerang, rasanya nggak enak bangeet. Bisa-bisa semua yang sudah direncanakan akan gagal karena harus meringkuk di bawah selimut.

Sebenarnya nggak sulit untuk menjaga kondisi tubuh biar tetap fit. Seperti misalnya minum air putih lebih banyak.. Padahal kalau dipikir-pikir, apa susahnya ya, minum lebih banyak? Hanya kadang kita suka lupa, karena keasyikan mengerjakan sesuatu, lalu lupa saat tubuh memerlukan cairan. 
Belum lagi bila ditambah dengan godaan minuman dingin yang menggiurkan. Minuman dengan es batu yang menggunung. Mending kalau es batunya ketahuan higienis. Kalau enggak, ya sama aja dengan bilang "welcome" sama bakteri-bakteri untuk jadi penghuni perut. Hiiii, serem!

Selain meningkatkan jumlah air putih, makan buah juga penting banget buat jaga kesehatan. Ya, semua tahulah ya, manfaat buah yang begitu banyak bagi tubuh. Vitamin C yang terkandung di dalamnya mampu meningkatkan sistem imun dan melancarkan pencernaan.


Perbanyak juga konsumsi sayuran. Boleh lalapan, tumisan ataupun berkuah bening. Paling enak sih sayur yang dicampur-campur. Selain jadi kaya rasa, vitamin yang kita dapat nggak cuma dari sayuran yang berwarna oranye, tapi juga yang berwarna hijau. Sekali makan, beberapa sumber vitamin terpenuhi.
Nah, temannya si sayur ini tinggal ditambahin sama sumber protein seperti daging, ayam, telur atau ikan. Ya, standarlah ya.., paling yang cara masaknya goreng-menggoreng aja agak dikurangi. Sekaligus mencegah kolesterol juga ;)


Bosan dengan sayur atau buah yang itu-itu aja? Nggak masalah, kombinasikan aja keduanya, lalu jadikan Jus. Hm.., diminum pagi atau sore nikmat banget.


Selain membentengi diri dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung manfaat, jangan lupa juga untuk memberikan istirahat yang cukup pada tubuh. Kadang kita lupa bahwa tubuh juga ada haknya. Dipakai kerja terus lama-lama bisa ambruk.
Olah raga juga penting banget. Kalau nggak bisa ikut kelas aerobik ya, jangan sedih. Masih banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengeluarkan keringat. Jalan kaki setiap pagi. Atau mengepel lantai juga bisa dilakukan dengan asyik. Coba setel musik yang bisa membangkitkan semangat. Gerakkan badan sambil mengikuti musiknya. Pasti seru.

Sahabat Sejati untuk Jaga Kondisi


Kadang, sebagai ibu yang sok sibuk, saya juga suka lupa memenuhi kebutuhan tubuh dalam hal buah dan sayur ini. Namanya juga manusia, ya? *beladiri ;)
Biasanya kejadian saat saya nggak punya waktu untuk berbelanja. Tuntutan pekerjaan menumpuk sedangkan stok di kulkas tinggal sedikit. Saya mengalah dan memasak sesuai jumlah yang ada. Prinsipnya, yang penting anak-anak makan dulu. Saya bisa entar-entaran aja.

Tapi, kulitkan nggak bisa berdusta ya? You are, what you eat..
Hm, apalagi kalau bicara soal umur. Duuh..kulit memang seperti cermin yang bisa menjelaskan segalanya. Jadi kalau nggak dijaga, bisa-bisa kerutan datang lebih cepat dari yang seharusnya.
Makanya saya sadar, tubuh termasuk kulit perlu dijaga dengan maksimal.

Beruntung sekali sekarang ada Ester-C Plus dari CNI. Yaitu suplemen vitamin C generasi terbaru yang memiliki banyak keunggulan. Nggak cuma membantu melindungi tubuh dari serangan penyakit, tapi sekaligus menjaga elastisitas kulit agar tetap muda dan kinclong karena mengandung antioksidan yang alami.


Ini adalah keunggulan Ester-C Plus yang bisa kita cermati :
  1. Tidak asam. Aman untuk lambung bahkan bagi penderita maag sekalipun. 
  2. Lebih cepat diserap tubuh dibanding vitamin C biasa. 
  3. Menjaga daya tahan tubuh selama 24 jam. Tidak banyak terbuang melalui air seni. 
  4. Kualitas dan keasliannya terjamin dan kandungan Ester-Cnya paling tinggi dibanding merk lain. 
Ester-C dapat diminum 1-2 tablet perhari. Aman karena dibuat dari bahan alami dan diproses dengan teknologi terstandarisasi.

Bagaimanapun menjaga kesehatan harus menjadi prioritas nomor satu. Nggak peduli sedang berada di musim panas atau musim hujan. Apalagi untuk Ibu-ibu seperti kita-kita ini. Karena dari ibu yang sehatlah semua kebutuhan anggota keluarga bertumpu. Nggak enak bangetkan, kalo ibu udah sakit? Tugas-tugas terbengkalai, anak-anak jadi terabaikan. Suami juga jadi kesepian.;D

Jadi Ester-C nggak cuma bikin tubuh sehat. Tapi kulit juga ikut terawat. Kulit yang terawat akan memancarkan aura bahagia. Nggak percaya? Boleh kok, dicoba!


Happy November Rain, ya...

"Sedia Payung sebelum hujan, sedia Ester-C sebelum penyakit menghadang.."