Pages

30 June 2015

Mengisi Liburan di Citra Alam, Cisarua

Kesibukan sehari-hari kadang bikin saya merasa jenuh. Kemacetan kota Jakarta, polusi, hiruk-pikuk suasananya bener-bener bikin saya pengen piknik. Pengen pake bangeeet!
Ternyata kejenuhan saya ada obatnya. Saya bisa ikutan acara Blogger Camp di Citra Alam Riverside. Sebuah ajakan yang harus saya tanggapi dengan serius. Pasalnya, selain butuh piknik, saya juga sudah sangat lama nggak merasakan yang namanya kemping. Kalau dihitung-hitung ada kali sekitar dua puluh tahun lebih. Duuuh..lamanya. *tutupmuka.


Rombongan Blogger Camp berangkat dengan satu Bis menuju Citra Alam sekitar pukul empat sore. Karena hari Jumat, perjalanan memakan waktu lama. Biasalah.. terjebak macet dan kena jalur buka tutup. Tapi nggak masalah. Semangat tetap berkobar. Tetap foto-foto meski pemandangan hanya lampu-lampu kendaraan yang diam menunggu giliran jalur dibuka.

Ketika sampai di tempat tujuan, udara dingin mulai terasa. Karena menggunakan Bis, rombongan harus turun di parkiran dan jalan kaki menuju lokasi kira-kira 200 meter. Nggak jauh sih, cuma jalannya agak menanjak. Nggak lama kami sampai dan berkumpul di Aula untuk makan malam, dilanjutkan dengan acara perkenalan dan pembagian tenda. Widiiiih.. ini dia yang ditunggu-tunggu. 

Tenda untuk kami melepas penat malam itu sudah disiapkan. Terletak di tempat yang agak tinggi di samping sungai yang mengalir deras. Hm, tidur ditemani derasnya aliran sungai adalah sesuatu yang jarang hinggap dipikiran saya. Saya tidur dengan sukses. Nyenyak banget.  Soalnya di tenda disediakan bantal dan selimut juga. Cukup oke untuk melawan udara yang dingin.



Pagi hari saat bangun tidur, saya disuguhi dengan pemandangan yang memanjakan mata. Sesuatu yang jarang saya lihat. Tenang dan membuat perasaan nyaman dan tenteram.



Sebelum berkumpul di Aula, saya dan teman-teman menjelajahi area Citra Alam Riverside yang indah. Menyusuri kebun sayur dan mampir ke kandang kuda.







Citra Alam Riverside

Citra Alam Riverside adalah sebuah tempat wisata seluas 3,5 hektar yang menyediakan berbagai pilihan kegiatan menarik yang mendekatkan kita pada alam. Kegiatan  Outbound seperti berkemah, arung jeram, flying fox, games seru dan  kegiatan yang mengedukasi lainnya seperti pelatihan membuat keramik, angklung dan membatik, agro wisata bisa menjadi pilihan. Kegiatan ini bisa diikuti berbagai kalangan baik perusahaan, umum, ataupun kegiatan untuk mengisi liburan sekolah.

Dengan harga yang cukup terjangkau, fasilitas yang disediakan juga lengkap. mushola, aula, kolam mandi mata air pegunungan,  makan pagi, siang, malam ataupun snack sesuai paket yang dipilih.
Buat keluarga yang menginginkan tenda yang lebih besar dengan fasilitas yang lengkap tersedia juga villa tenda. Sebuah tenda berbentuk rumah. Di dalamnya ada sofa, dapur dan kamar mandi.



Selain menikmati berbagai kegiatan berkemah dan lainnya, pengunjung bisa belajar mengenai manfaat tanaman herbal, budidaya ikan, biogas dan kerajinan dari tanah liat.










Usai belajar dan menambah wawasan, games seru menanti. Kakak-kakak dari Citra Alam Riverside memandu games yang bikin perut sakit karena ketawa.



Kelar games, lanjut Flying Fox. Sesuatu yang bikin saya merinding. Saya takut ketinggian. 
Untungnya teman-teman bisa meyakinkan saya untuk mencoba. Jadilah saya meluncur sepanjang 300 meter menyeberangi sungai yang penuh batu-batuan besar. Alhamdulillah saya bisa..  *terima kasih teman-teman yang jadi suporter saya :)


Sebenarnya ada satu kegiatan lagi yang belum terlaksana. Yaitu arung jeram. Siang itu air sungai sedang surut. Jadi arusnya nggak memadai. Arung jeram batal dilaksanakan.Ya, nggak apa-apa juga sih. Semoga lain waktu kami bisa datang lagi.

Buat teman-teman yang mau mengisi liburan bisa dicoba nih. Citra Alam Riverside, semakin dekat dengan alam.

20 June 2015

Yuk, Kenalkan Buah dan Sayur Pada Anak Sejak Dini

15 Juni  lalu, saya mengikuti acara yang diadakan oleh Sari Husada. Diskusi rutin Nutritalk kali ini menghadirkan pembicara ahli Prof. Dr. Agus firmansyah SpA(K), Guru Besar di Departemen ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSCM dengan tema : Pembentukan Pola Makan Sehat Sejak Usia Dini.
Diskusi ini mengupas pentingnya pengenalan buah dan sayur sejak dini

Studi pada  tahun 2013 oleh D.Gajewska, et al dari Departemen Dietetics, Warsaw Universityof Life Sciences, Polandia terhdap 366 anak dan remaja berusi 9-14 tahun, menunjukkan bahwa sayur-sayuran merupakan salah satu jenis makanan yang paling tidak poluler. Namun buah-buahan merupakan salah satu makanan ringan yang disukai. Ditambah lagi Lock K, et al (2004) menyatakan dalam penelitiannya bahwa setidaknya 2,7 juta kematian di seluruh dunia diperkirakan diakibatkan oleh asupan buah dan sayur yang tidak mencukupi.

[ Foto : Pribadi ]

Jelas bahwa asupan serat yang terdapat pada sayur dan buah memberikan manfaat kesehatan yang sangat penting bagi tubuh. Selain untuk menjaga pencernaan agar selalu sehat, juga untuk meningkatkan daya serap terhadap nutrisi dan fungsi kekebalan tubuh terhadap berbagai penyakit di masa yang akan datang.

Pentingnya pengenalan buah dan sayur sejak usia dini sebagai makanan lanjutan setelah pemberian ASI ekslusif, akan memenuhi jenis dan jumlah nutrisi dan serat yang diperlukan untuk pertumbuhan anak dalam setiap pertambahan usia. Kecukupan serat sejak dini juga menurunkan resiko terkena berbagai penyakit seperti peradangan, alergi, diare, jantung, kanker dan darah tinggi pada usia dewasa.

Sarihusada, sebagai perusahaan yang memiliki misi untuk memperbaiki gizi anak bangsa terus berkomitmen untuk mendukung upaya perbaikan gizi yang dilakukan pemerintah melalui peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya gizi bagi ibu dan anak.

Berikut ini adalah anjuran tahapan pengenalan buah dan sayur sejak dini yang bisa kita terapkan dalam pola makan sehari-hari :
  • Perkenalkan buah dan sayur secara bertahap.
  • Kombinasikan dengan lauk pauk sumber protein hewani dan nabati, serta makanan pokok sebagai sumber kalori.
  • Tingkatkan jumlahnya secara bertahap dalam proporsi seimbang.
  • Biasakan mengkonsumsi buah dan sayur setiap makan, sejak dini agar terbiasa di saat dewasa.
Pembentukan pola makan yang baik sejak usia dini akan menentukan kesehatan generasi yang akan datang. Yuk, mulai sekarang kita tingkatkan kesadaran mengkonsumsi sayur dan buah demi tercapainya generasi yang sehat dan cerdas.





Sedekah Bantal Berkah JYSK Untuk Sahabat Anak

Tak terasa hari ini sudah memasuki hari ketiga di bulan Ramadhan. Tentunya masih banyak hal baik yang bisa kita lakukan di bulan yang penuh berkah ini. Salah satunya dengan mendukung program yang sedang digaungkan oleh JYSK (baca : Jis). 
Menggandeng Yayasan Sahabat Anak, JYSK membuat program Sedekah Bantal Berkah. Kita bisa membeli bantal dengan harga khusus  dari harga normal Rp.139.000 menjadi Rp. 59.000,- yang nantinya akan didonasikan langsung kepada Yayasan Sahabat Anak  sebesar Rp.10.000,- Dana yang terkumpul nantinya akan digunakan untuk membuat rumah belajar yang nyaman bagi anak-anak jalanan yang bernaung di bawah Yayasan Sahabat Anak.



Kerja sama yang dilakukan oleh JYSK dengan Yayasan Sahabat Anak terwujud tak lain karena visi Yayasan Sahabat Anak, yaitu menyadarkan anak jalanan bahwa mereka berharga sebagai manusia ciptaan Allah yang berharga dan mulia . 
Yayasan Sahabat Anak adalah yayasan nirlaba  yang dibidani oleh tenaga volunteer yang berkomitmen memberikan pendidikan serta memperjuangkan hak-hak anak-anak marjinal dan anak jalanan di Jakarta, supaya mereka tidak terus hidup di jalan dan memiliki masa depan. Rumah belajar Sahabat Anak kini sudah ada di beberapa wilayah seperti, Grogol, Cijantung, Manggarai, Tanah abang dan Kota tua. Semakin nyaman rumah belajar diharapkan akan semakin banyak anak jalanan yang akan bisa dibimbing.



Sejalan dengan konsep JYSK yang mengusung kenyamanan, harapan untuk membuat rumah belajar yang nyaman menjadi hal yang sangat mungkin untuk dilakukan. Apalagi bila masyarakat bergandeng tangan bersama melalui program Sedekah Bantal Berkah yang akan dimulai pada tanggal 22 Juni sampai 15 Juli nanti. Ada sekitar 18 ribu bantal yang disiapkan oleh JYSK  yang akan disebar di seluruh gerai JYSK. Semoga target ini akan tercapai atau bahkan terlampaui. Aamiin.


Bantal yang jadi andalan JYSK ini memang nyaman banget buat tidur. Saya sudah membuktikannya. Teman-teman juga harus coba. Seru jugakan, kalo kita bisa mendapatkan harga bantal yang berkualitas dengan harga miring tapi bisa sambil bersedekah. Nggak cuma buat keluarga sendiri, bantal-bantal ini juga bisa dijadikan hadiah buat sahabat dan orang terkasih. Jangan lupa tanggalnya ya. 22 Juni sampai 15 Juli di seluruh gerai JYSK.