12 April 2018

Terpikat Kerajinan Khas Nusantara di Telkom Craft Indonesia 2018



Memasuki kawasan Jakarta Convention Center yang menggelar acara Telkom Craft Indonesia 2018, sejak tanggal 23 hingga 25 Maret lalu, membuat saya sangat bersemangat. Bagaimana tidak, acara yang diadakan untuk kedua kalinya ini, melibatkan sekitar 400 UMKM yang telah melalui serangkaian proses untuk bisa ikut serta dalam pameran Telkom Craft kali ini. Jadi, walau cuaca panas menyengat, tak menyurutkan langkah untuk segera menuju pintu masuk. Rasanya tak sabar untuk menyaksikan secara langsung berbagai kerajinan khas nusantara.



Ternyata, dugaan saya benar. Berdiri di pintu masuk, pandangan langsung tertuju pada bagian kanan ruangan. Tulisan "Story of Craft" seolah menjadi sihir tersendiri. Kain-kain tradisional dipajang dengan cantik. Di salah satu sudut, seorang perempuan sedang asik menenun kain dengan mesin tenun tradisional, diiringi dengan alunan musik yang indah dari beberapa pemuda yang memainkan alat musik tradisional. Baru masuk ruangan aja, pengunjung sudah dibuat terpikat.



Sebagai pencinta produk handmade, mendatangi pameran seperti Telkom Craft Indonesia, buat saya sama saja seperti memanjakan mata, menemukan ide baru dan untuk memacu diri, bahwa suatu saat nanti, saya ingin sekali bisa seperti mereka. Punya produk sendiri dan mampu menyerap tenaga kerja dari lingkungan terdekat. Bermanfaat bagi orang banyak. Pendek kata, mereka yang berhasil menjadi peserta di sana, adalah sumber motivasi  dan inspirasi buat saya. Kayaknya buat orang lain juga deh :)


TELKOM CRAFT INDONESIA, PAMERAN PRODUK TERBAIK KHAS NUSANTARA


Telkom Craft Indonesia adalah ajang pameran yang mempunyai tujuan untuk mengeksplorasi  kemampuan dan keunggulan karya anak bangsa. Pameran yang diadakan untuk kedua kalinya ini merupakan kegiatan offline dari program Rumah Kreatif BUMN. Pada tahun ini, Telkom Craft mengangkat keunikan Tenun Nusantara dalam berbagai kategori, Fashion, Craft dan Food.

Mengambil tema "Local Heroes to Global Champions" Telkom Craft Indonesia mendukung kemajuan UKM mitra binaan BUMN, untuk berinovasi melalui pemanfaatan dunia digital agar dapat meningkatkan daya saing secara global. Apalagi, pemerintah bertekad untuk menjadikan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara.

Sebagai wujud implementasi transaksi secara digital, di Telkom Craft Indonesia 2018 ini, pengunjung mendapatkan kemudahan bisa berbelanja melalui mobile payment dan platform e-commerce, pengalaman berbelanja yang unik, bisa dilakukan melalui blanja.com


Jadi, sebelum ke Telkom Craft, kita bisa melihat-lihat dulu barang yang dijual. Lebih hemat waktu, kan. Yang paling penting sih, bisa dapat potongan harga.


PRODUK BERKUALITAS UNTUK TELKOM CRAFT INDONESIA 2018


Kalau bicara soal produk, menjadi peserta pameran Telkom Craft tentunya menjadi sebuah jaminan mutu. Semua produknya super kece. Coba lihat yang ini.. entah kenapa, saya suka bangeet!



Selain itu, saya juga tertarik dengan nama brand yang mereka ciptakan. Unik dan menggelitik.







Atau, jika ingin berburu baju bernuansa etnik, Telkom Craft adalah pilihan yang tepat. Saat saya melewati pameran kategori fashion, antusiasme pengunjung begitu jelas terlihat.  Nggak heran sih, siapa juga yang bisa menolak kalau berhadapan sama baju yang unik, etnik dan keren, dengan kualitas menyaingi produk luar. Selain itu, dengan belanja produk dalam negeri, kita ikut serta meningkatkan perekonomian negeri sendiri. Bangga memakai produk dalam negeri. Iya, kan..


WORKSHOP BERGIZI DENGAN NARASUMBER YANG MENGINSPIRASI



Pameran Telkom Craft Indonesia 2018 yang digelar selama 3 hari ini, nggak cuma menampilkan berbagai produk berupa fashion, craft & food. Tapi juga suguhan berbagai hiburan khas Indonesia, peragaan busana dan juga kegiatan  yang mengedukasi masyarakat seperti talkshow dan workshop.

Pengunjung bisa mengikuti berbagai topik menarik sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Lewat obrolan bergizi dari pengalaman narasumber saat menjalankan usahanya, tentu akan membuat pengunjung terinspirasi.



Memiliki niat untuk terjun ke dunia enteurpreuner, memang harus disiapkan dengan matang. Banyak belajar dari pengalaman orang lain dan terus meningkatkan kemampuan untuk melek dunia digital, sudah menjadi sebuah keharusan, biar kita nggak ketinggalan.

Masih banyak yang bisa digali dari kekayaan budaya Indonesia. Hasil karya yang luar biasa, tentu akan mendapat tempat istimewa.

Sampai jumpa di Telkom Craft Indonesia berikutnya..
















No comments:

Post a Comment

Hai komentar kadang-kadang di moderasi untuk menghindari komentar spam ^^
Terima kasih sudah berkunjung ya.. :)