29 March 2018

NYAMANNYA MEWARNAI DENGAN GOLDFABER DARI FABER CASTELL




Teman-teman suka mewarnai gambar? Kalo, iya.. berarti kita sama! Saya lebih suka mewarnai dari pada menggambar. Konon katanya, mewarnai bisa meredakan stress. Pikiran jadi rileks dan mengasah kreativitas dan meningkatkan konsentrasi.

Kegiatan mewarnai, juga bisa memperbaiki mood lho. Kalo mood lagi jelek ambil aja pensil warna, trus mulai deh padukan warna-warna pada gambarnya. Dengan sendirinya mood akan terbangun lebih baik. Tapi, jangan salah juga, mood seketika akan berubah kalau pensil warna yang kita gunakan mudah patah. Keras ketika diaplikasikan dan warna gak muncul. Duilaaah.. rasanya pengen gigit pensilnya! 

Tapi, untuk masalah pensil warna yang bikin mood jelek ini, saya udah nemuin solusinya. Hari Sabtu tanggal 24 Maret 2018 lalu, saya ikutan workshop bersama Faber Castell dan Kumpulan Emak2 Blogger. Bertempat di Plaza Senayan,  saya dan teman-teman blogger mencoba mewarnai dengan pensil warna Goldfaber dari Faber Castell.

Pertama melihat kemasannya, kesan elegan langsung tercipta. Ternyata kemasan berwarna biru tua ini memang ditujukan untuk dewasa pemula. Saat mencoba pegang pensilnya, rasanya enak banget di tangan. Kokoh gitu. Apalagi saat mencoba mewarnai gambar yang sudah disediakan. Goresannya empuk, pokoknya nyaman banget dan no patah-patah. Aaak.., langsung jatuh cinta.



Goldfaber ini seri terbaru dari Studio Creativity. Jadi, yang berwarna biru untuk dewasa pemula. Sedangkan yang warna hijau untuk level expert, untuk seni, grafis, hobi atau profesional. Namanya Polychromos dan Albrecht Durer. Dua produk ini punya kelebihan kualitas warna yang prima. Warnanya nggak akan pudar hingga 100 tahun lamanya. WOW, bangeet ya. Gambar kita bisa diwariskan sampe ke anak cucu.


MEWARNAI DENGAN GOLDFABER FABER CASTELL





Sejujurnya sejauh ini, Faber Castell yang lekat diingatan saya adalah Faber Castell dengan kemasan berwarna merah. Ternyata, menurut keterangan dari Ibu Fransiska Remilla, Manager PT. Faber Castell Internasional Indonesia, Faber Castell dengan kemasan merah memang dikhususkan untuk anak-anak. Kirain saya, sama aja. Ternyata berbeda. Bentuk pensilnya dirancang agar nyaman saat dipakai anak-anak. Demikian juga untuk pensil warna untuk orang dewasa, dibuat sesuai dengan kenyamanan orang dewasa. Hm, baru paham deh, saya..


Usai mendengarkan ulasan dari Ibu Fransiska, acara dilanjutkan dengan beberapa pengarahan dari Mas Rizal. Sore itu. Mas Rizal akan menunjukkan beberapa tehnik mewarnai menggunakan Goldfaber. Saya merasa beruntung banget. Selama ini, kalau mewarnai ya langsung mewarnai aja, nggak pakai tehnik-tehnikan. Alhamdulillah banget bisa dapat ilmunya.



Untuk mewarnai, ada beberapa tehnik yang bisa dilakukan. Di antaranya :

  • BLENDING. Caranya dengan menggabungkan dua warna. Misalnya untuk mewarnai sebuah bidang, beri warna muda, kemudian timpa dengan warna tua, untuk memberi efek datangnya cahaya.
  • HATCHING. Tehnik ini dilakukan dengan cara mengarsir. Jadi bentuknya seperti garis tipis yang sejajar dan rapat. Garis ini yang akan memunculkan gradasi warna yang cantik.
  • CROSS HATCHING. Arsiran dilakukan dengan cara menumpuk dan berlawanan arah. Jadi, semacam garis tipis yang saling bersilangan.



Pada praktiknya, mewarnai dengan menggunakan tehnik yang diajarkan Mas Rizal, harus dilakukan dengan kesabaran. Apalagi buat saya yang masih bingung dengan shading untuk penempatan arah cahaya. Tehnik Hatchingnya juga harus hati-hati. Maklum lah, namanya juga pemula. Goresannya sangat ragu-ragu.. hahaha.

Untungnya Goldfaber ngebantu banget. Nyaman dipakai dan empuk saat digoreskan. Jadi, mewarnai tuh  malah bikin kita keasyikan. 

Ikutan Worshop kali ini, bener-bener bikin saya dan teman-teman happy. Sebagai Ibu yang banyak kegiatan baik di rumah maupun pekerjaan lainnya, pastinya butuh banget cara untuk menjaga mood, biar gak cepat marah. Nggak stress. Tetap santai dan tetap awet muda. Kebiasaan mewarnai gambar harus terus dilanjutkan nih. Siapa tau nanti malah makin jago mewarnainya. Tenang aja, kan ada Goldfaber. Makin rajin deh latihannya.. :)




















3 comments:

  1. Mmg akuoun yg familiar itu yg merah, klo yg ijo taunya pensil ujian hahah

    ReplyDelete
  2. Mewarnai itu susah susah gampang ya mba. Kalau pakai Faber-Castell sekalipun teknik nya masih dasar, hasilnya tetap bagus maksimal

    ReplyDelete
  3. Sepakat, Mbak Waya. Mewarnai tuh bikin rileks. Enak aja gitu mewarnai sesuka hati. Biasanya aku nebeng buku gambar anakku. Hehe

    ReplyDelete

Hai komentar kadang-kadang di moderasi untuk menghindari komentar spam ^^
Terima kasih sudah berkunjung ya.. :)