17 April 2017

Sehat, Semangat dan Produktif Tanpa Anemia

Pernah merasa badan cepat lelah, lemas, cepat mengantuk, pusing dan pandangan berkunang-kunang setiap habis duduk kemudian berdiri? Atau malah sering sulit berkonsentrasi? Wah, kalau iya, harus waspada tuh. Karena itu adalah gejala anemia. Kadang, saya juga merasakan begitu sih. Apalagi kalau pola makan udah mulai nggak karuan. Sibuk dan kadang harus begadang. Wah, biasanya keesokan harinya badan udah nggak enak aja.

Kalau gejala-gejala di atas sering terjadi, sebaiknya jangan dibiarkan. Itu adalah pertanda bahwa tubuh kita sedang bermasalah. Bisa jadi itu adalah gejala Anemia. Kalau dibiarkan nantinya akan semakin parah.

Apa itu anemia? Anemia adalah suatu keadaan di mana kondisi darah pada tubuh kita mengalami kadar hemoglobin (Hb) dalam darah lebih rendah dari normal. Hemoglobin berfungsi untuk mengikat oksigen dan mengantarkannya ke seluruh sel jaringan tubuh. Sedangkan seperti yang kita tahu, oksigen sangat diperlukan oleh jaringan tubuh, seperti otot dan otak untuk melakukan fungsinya. Nah, kalau oksigennya kurang, fungsi tersebut akan terganggu.

Selain gejala di atas, ada pertanda lain yang bisa dilihat lho. Pada keadaan yang lebih berat, muka, mata, bibir, kulit, kuku dan telapak tangan terlihat pucat. Atau yang paling gampang diingat adalah 5 L. Yaitu : Lesu, Letih, Lemah, Lelah, dan Lalai. Kalau mau ditambah-tambahin sih bisa Loyo, Letoy, Lunglai.. Eh, enggak deh, itu saya aja yang nambah-nambahin. Tapi, kalau teman-teman memang merasa kondisi tubuh seperti ini, sepertinya patut waspada dengan anemia. yuk.. kita kenali lebih jauh tentang Anemia.


KAMPANYE LAWAN ANEMIA




Ternyata ya, anemia memang paling banyak diderita oleh wanita. Hal ini saya ketahui dari acara yang digelar oleh Merck, Sangobion di halaman teater Keong Mas, Taman Mini Indonesia Indah, pada tanggal 2 April 2017 lalu. Pagi hari itu, sekaligus diluncurkan senam Anemia action. Nah, senam anemia action ini adalah senam yang diciptakan khusus untuk pencegahan gejala anemia sebagai bagian dari total solusi Indonesia bebas anemia. Tentunya senam ini juga harus dibarengi dengan konsumsi makanan yang mengandung zat besi. Supaya hasilnya maksimal.




Selain senam anemia action, artis yang ikut memeriahkan acara ada, Mona Ratuliu, sebagai Brand Ambassador Sangobion, grup Band Nidji dan Chef Rudi Choirudin yang siap memberikan resep andalan kaya zat besi untuk peserta yang hadir sejak pagi hingga siang hari.



Beneran deh, acaranya bikin semua yang hadir jadi semangat. Matahari yang bersinar cerah dan mulai terasa menyengat tak menyurutkan peserta untuk tetap menyaksikan suguhan acara. Apalagi, pas Nidji menghentak panggung melantunkan lagu demi lagu. Sumpah, rasanya pecah banget! Nggak tua, nggak muda semua lompat-lompatan sambil teriak-teriak ngikutin suara Giring yang emang keren abis. Saluut.



Oh ya, di sebelah kiri dan kanan area ada booth pemeriksaan tes anemia dan donor darah juga. Jadi, sambil menyaksikan acara, peserta bisa berkeliling untuk cek kesehatan dan sekalian mendonorkan darahnya.




TINGKATKAN KONSUMSI ZAT BESI, YUK..





Berdasarkan materi yang diberikan oleh DR. Dr. Yustina Anie Indriastuti. MSc, SpGK yang juga Wakil Ketua PDGMI, kelompok yang rentan banget menderita anemia adalah wanita yang aktif bekerja.




Ya, sebagai Ibu dan sebagai pekerja juga. Mungkin karena sibuk dan memiliki pola makan yang kurang baik, sehingga mengganggu penyerapan zat besi di dalam tubuh. Misalnya, kebiasaan mengkonsumsi minuman seperti teh, kopi dan susu bersamaan saat makan. Kebiasaan seperti ini akan menurunkan penyerapan zat besi dari makanan. Hm, jadi sayang banget ya, kalau kita makan daging atau semangkok sayuran tapi manfaatnya jadi nggak didapat karena minuman-minuman tadi. So, mulai sekarang tinggalkan kebiasaan itu yuk..

Selain wanita aktif, anemia juga rentan diderita oleh mereka yang berusia remaja. Sedang menstruasi. Sedang hamil dan menyusui. Faktanya, anemia ini terbukti menurunkan kinerja lho. Ya iyalah ya. Karena kondisi nggak fit, aktivitas jadi melambat. Jadi anemia memang harus dihindari ya..

Trus, makanan apa dong, yang kaya zat besi dan bisa bikin kita terhindar dari anemia? 

Kalau dari bahan makanan hewani, tentu saja bahan makanan seperti daging sapi, kambing, ayam, bebek dan ikan. Kalau dari makanan nabati, ada pada sayuran yang berwarna hijau tua seperti bayam, daun singkong, kangkung dan lain-lain. Buah jeruk juga dapat meningkatkan penyerapan zat besi. 

Selain mengkonsumsi makanan yang kaya zat besi, bila perlu konsumsi tablet penambah darah sesuai dengan anjuran. Sangobion merupakan tablet penambah darah yang bisa membantu anemia. Seperti yang saya alami. Saat tes gejala anemia kemaren. Kondisi saya masuk ke peringkat dua di bawah. Duh, sedih banget. Masuk kriteria pucat. Tensi darah pun rendah.



Saya butuh segera penambah darah. Akhirnya, hari itu juga langsung minum sangobion. Makan makanan yang mengandung zat besi. Alhamdulillah, beberapa hari badan kembali segar dan fit. 

Satu hal lagi yang paling penting, adalah olah raga. Dengan berolah raga, aliran darah ke seluruh tubuh akan lancar. Tubuh jadi bugar dan otak dapat berpikir jernih. badan juga jadi nggak lesu. Nggak perlu lama-lama dan olah raga yang makan waktu. Sementara waktu kita kadang berasa sempit banget, kan.. Cukup lakukan senam ringan. Atau bisa juga jalan kaki. Bisa ajak suami, anak atau teman. Biar sama-sama sehat.


kayak gini nih, rame-rame jadi tambah semangat :) 


Kalau badan sehat, yakin deh.. banyak hal yang bisa kita lakukan. Hidup jadi semangat tanpa terganggu anemia. Kita semua bisa kok, lawan anemia dengan mudah. Yuk, semangaaat!






































bm

Hai, terima kasih sudah mampir dan membaca tulisan saya. Have a Nice Day! Salam :)

Post a Comment

Hai komentar kadang-kadang di moderasi untuk menghindari komentar spam ^^
Terima kasih sudah berkunjung ya.. :)

avatar
Admin Sejenak Bercerita Online
Welcome to Sejenak Bercerita theme
Chat with WhatsApp