20 February 2017

Adit, Tukang Sayur Yang Berdagang Pakai Bahasa Inggris


Apa ya jadinya kalau pedagang sayur di pasar menggunakan bahasa Inggris?

Nah, itu yang sedang jadi perhatian saya!
Baru-baru ini,  ada seorang netizen mengunggah foto seorang pedagang sayur-mayur di Pasar Modern BSD, Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten. Mungkin, beberapa ada yang pernah lihat ya. Sekarang sedang ramai diperbincangkan di media sosial (medsos) karena berjualan menggunakan bahasa Inggris dengan gaya kocak.

Video pedagang sayur yang berdagang menggunakan bahasa Inggris ini banyak tersebar di medsos, seperti Instagram, Twitter, dan Facebook. Netizen yang mengunggah video tersebut pertama kali adalah Aurelia Carisa Lestari. Bisa ditebak, sejak diunggah pertama kali pada bulan Oktober 2016, video tersebut mendadak viral! Aurelia sendiri tidak menyangka jika  videonya jadi viral!

Semua berawal ketika pada bulan Oktober 2016 lalu, Aurelia pergi berbelanja ke Pasar Modern BSD, Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten. Perhatiannya tertuju pada seorang pemuda yang menjajakan sayur-mayur dengan cara yang tidak biasa. Suaranya terdengar cempreng sehingga sangat menarik perhatian.

"Jadi si Adit ini ngajak belanjanya pakai bahasa Inggris. Dia manggil-manggil ngomong :

 'Member, member, shop here! shop here!'," Aurelie bercerita sambil tertawa.



Adit, tukang sayur yang berdagang pakai bahasa inggris (Instagram @chawrelia)

Aurelia yang berprofesi sebagai make up artist ini pun akhirnya menghampiri tukang sayur yang mengaku bernama Adit itu. Di video yang diunggahnya, Aurelia tampak tertawa geli saat Adit menghitung belanjaan yang dibeli. Aksi lucu Adit itu pun direkam dan diunggah di akun Instagram Aurelia @chawrelia.

Saat diunggah pertama kali, video Adit menjajakan sayur itu belum viral. "Paling hanya teman-teman dan followers saya yang komentar bilang lucu, kreatif, pada ketawa," ujarnya.

Belum lama ini, Aurelia kembali berbelanja di pasar tersebut bersama suaminya. Benar saja, Adit dengan suaranya yang bernada tinggi itu pun langsung memanggil dengan cara khasnya 'Member, member, come here! come here!'. Video Adit jualan ini pun kembali direkam dan diunggah Aurelia di akun Instagram-nya.

Video Adit jualan menggunakan bahasa Inggris yang diunggah Aurelia kali ini jadi viral karena banyak yang mengunggah ulang atau di-share. Aurelia, yang juga seorang ibu rumah tangga, memang punya cukup banyak followers di Instagram. Akunnya saat berita ini ditulis sudah diikuti oleh 71 ribu lebih netizen. Dengan follower segitu banyak, berita seperti ini pasti akan banyak yang nge-share ya.. 

Aurelia pernah bertanya ke Adit soal alasan berjualan sayur-mayur itu menggunakan bahasa Inggris. "Katanya sih, waktu itu di pasar ada juga bule yang belanja, makanya dia les bahasa Inggris, biar bisa jualan ke bule dan jadi pelanggannya," ucapnya.

Aurelia mengaku merasa terhibur tiap kali berbelanja sayur-mayur di tempat Adit. Senang karena Adit mau belajar bahasa asing. Cara Adit berjualan menggunakan bahasa Inggris dianggapnya jadi hiburan tersendiri.


"Saya merasa ini jadi hiburan saja buat saya. Kadang-kadang lucu. Kadang dia salah hitung juga, jadi yang saya bayar suka lebih, kadang juga suka kurang. Tapi saya tahu dia enggak niat sengaja. Saya suka sedih kalau ada yang ngatain dia di media sosial karena salah hitung, padahal maksudnya dia enggak begitu," ucapnya.

Aurelia mengatakan, Adit tahu saat dirinya memvideokan saat berjualan. Adit juga tahu videonya tersebar di medsos. "Dia senang-senang saja. Malah dia sekarang punya vocab baru pas jualan, member get member katanya," tukas Aurelia, yang tinggal di BSD, Tangerang Selatan.



Hm, pastinya sih, kita yang nonton videonya juga merasa terhibur. Video yang menjadi viral ini tentunya tak lepas dari akses internet yang lancar. Adit sendiri juga pasti nggak nyangka bakal dikenal luas dan membawa  berkah pada dagangannya. 
Kalau dipikir-pikir, beruntung banget ya, sekarang akses internet sangat mudah. Dengan adanya Internet 4G LTE, kita bisa memperkenalkan Adit ke seluruh dunia.





8 comments:

  1. Keren. Aku nggak bisa bahasa inggris.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, sama mbak. Aku juga nggak bisa :D

      Delete
  2. Bahasa inggrisku masih belepotan. :'D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aahahaa, ternyata aku tak sendiri ;D

      Delete
  3. Seru juga belanja ma Adit bisa sekalian belajar bahasa inggris 😁

    ReplyDelete
  4. waaah...aku mau belanja di tempat Adit :)

    ReplyDelete
  5. Aku pernah denger ini, mba.. Wuih hebat ya Adit, jadi bisa sekalian belajar juga hehehe..

    ReplyDelete
  6. Keren adiit, ayo belajar teruuus biar makin cetar..

    ReplyDelete

Hai komentar kadang-kadang di moderasi untuk menghindari komentar spam ^^
Terima kasih sudah berkunjung ya.. :)