09 October 2016

IMPIAN TRAVELLING HEMAT KE MAKASSAR


Sebenarnya saya senang traveling. Sayangnya sekarang sudah nggak bisa sering-sering. Apalagi semenjak saya harus ikut turun ke lapangan membantu pekerjaan suami sebagai kontraktor. Dan kadang, pekerjaan sebagai kontraktor nggak mengenal libur weekend. Walhasil saya jadi golongan orang yang selalu merasa butuh piknik. Hehe. Walau begitu, saya masih menyempatkan diri untuk jalan-jalan liburan supaya nggak stress. 

Sebagai perempuan yang sudah berkeluarga, saya nggak selalu traveling bareng keluarga. Kadang saya pergi jalan-jalan sendiri, tetapi tidak benar-benar sendirian, alias bareng teman-teman. Terakhir perjalanan bersama teman yang saya rencanakan adalah ke Jogja. Sayang rencana tinggal rencana. Saya gagal ke Jogja karena ada hal yang lebih penting untuk dikerjakan. Dan saya hanya bisa menatap iri foto-foto kebersamaan teman-teman yang diupload di sosmed. Huhuhu..  *lap aer mata ;D

Yah, mau bagaimana lagi. Saya hanya manusia yang cuma bisa berencana. Tetap ada kekuatan paling Maha yang menentukan segalanya.

Namun kalau saya boleh memimpikan sesuatu tentang traveling, saya ingin ke Makassar. Biarlah Jogja tinggal kenangan. Lagi pula saya sudah pernah ke sana. *menghibur diri..huahahaha

Makassar menjadi destinasi impian saya sejak saya memiliki buku Backpacking Makassar & Sekitarnya. Buku terbitan Elexmedia Komputindo itu ditulis oleh Nurul Noe, sahabat saya yang juga seorang blogger.


Dalam bukunya, dia menuliskan banyak destinasi yang pernah dikunjunginya. Dilengkapi informasi biaya tiket masuk, transportasi untuk menuju ke setiap obyek wisata, sampai contoh intinerary dan perkiraan budget.

Saya kagum pada bagaimana caranya melakukan perjalanan a la backpacker. Dengan perhitungan yang detil, saya merasa bahwa saya juga pasti bisa melakulan perjalanan traveling hemat ke Makassar.

Destinasi yang paling ingin saya kunjungi si Makassar adalah Pulau Samalona. Saya ingin sesekali merasakan menyepi di sebuah pulau kecil yang sunyi. Dengan pantai-pantainya yang berpasir putih. Angin semilir. Pohon-pohon yang rimbun dan meneduhkan saat terik. Juga semilir angin tanpa polusi. Atau punya kesempatan lihat sunset sekalian. Duh, itu pasti indah bangeet!



Kalau baca di bukunya sih, ada penginapan di Pulau Samalona. Tapi entah mengapa saya lebih ingin menginap di tengah kota saja. Soalnya saya pasti ngga akan bisa liburan dalam waktu yang lama. Kalau menginap di Pulau, nggak bisa sekalian jalan-jalan malam dan kulineran di kota Makassar dong nantinya.

Padahal, kuliner Makassar kan terkenal enak-enak. Yang coto lah, palubasa, nasi kuning riburane, sop konro, konro bakar, mi titi, es palubutung, es pisang ijo, atau pisang epe. Banyak aja itu.

Makanya, untuk bisa mencicipi paling tidak beberapa kulinet tersebut, saya ingin menginap di hotel budget di tengah kota. Di dalam buku Backpacking Makassar & Sekitarnya itu, ada sih rekomendasi akomodasi mulai dari jenis hostel, guest house, sampai hotel budget dan yang bintang 5 juga. Tapi entah apakah harganya masih sama dengan sekarang. Mengingat buku itu diterbitkan tahun 2014 lalu. Jadi sepertinya saya akan memilih booking hotel online saja.

Untungnya sekarang sudah ada Zen Rooms di Makassar. Jadi lebih enak lagi deh. Nggak usah repot searching di website booking hotel lainnya yang masih harus sort berdasar bintang dan harga. Soalnya, kalau di zenrooms.com itu sudah dijamin bahwa kamar-kamar yang ditawarkan adalah kamar hotel budget. Yaitu kamar-kamar hotel setara bintang tiga yang nyaman, bersih, private bathroom, termasuk sarapan, dan yang jelas harganya terjangkau.

Dengan memilih booking hotel lewat Zen Rooms, saya juga nggak perlu khawatir soal kualitas. Ada kan hotel yang promosinya di web mah keliatan oke dari foto-fotonya. Tapi kenyataan di lokasi beda.

Kalau Zen Rooms terjamin lah. Soalnya, sebagai Virtual Hotel Operator, Zen Rooms menerapkan standar yang ketat dan kamar-kamar hotelnya diaudit secara khusus. Jadi nggak perlu ada kekhawatiran seperti yang saya sebut di atas.

Duh, saya makin nggak sabaran pengen travelling ke Makassar. Doakan saya ya teman-teman.. :)

bm

Hai, terima kasih sudah mampir dan membaca tulisan saya. Have a Nice Day! Salam :)

Post a Comment

Hai komentar kadang-kadang di moderasi untuk menghindari komentar spam ^^
Terima kasih sudah berkunjung ya.. :)

avatar
Admin Sejenak Bercerita Online
Welcome to Sejenak Bercerita theme
Chat with WhatsApp