10 June 2016

Enaknya Killer Soft Bread


Rasanya saya udah lama banget gak bikin roti. Terakhir bikin sih, waktu nyoba bikin roti tawar. Sempat bikin dua, tiga kali, tapi abis itu balik lagi dengan kebiasaan praktis. Yaitu beli jadi.

Tapi kemaren, saya berkunjung ke blognya mbak Lianny Hendrawati. Dan nemu postingan mbakli yang sukses bikin roti yang hits di Instagram. Namanya Killer Soft Bread. Sering liat sih di IG Doyan Baking. Cuma belum tertarik bikin. Tapi pas liat hasil yang mbakli bikin, kayaknya naluri saya langsung terketuk. Trus jadi pengen bikin. Hm, Mbakli aja bisa bikin, masa' saya enggak? hehehe..
Ini dia roti unyu bikinan mbakli..



Akhirnya karena liat hasil roti punya mbakli, saya kumpulin bahan-bahan untuk membuatnya dan mulai mengikuti petunjuk cara membuatnya. Beneran gampang banget lho.. Praktis dan efisien. Proses pengembangan cuma satu kali. Jadi kerjaan kita cepat beres.

Oh ya, karena males ngeluarin oven dari kardusnya, saya coba pakai baking pan untuk memanggang rotinya. Ini sekalian eksperimen, bisa nggak ya baking pan yang biasanya buat panggang cake dipakai buat panggang roti? Harusnya sih bisa. Namanya aja 'baking pan' hihiiii..


Adonan killer soft bread, enak banget buat dibentuk. Jadi setelah dibulat-bulatkan, dalamnya saya isi potongan keju, kemudian di atur agak jarang di dalam baking pan. Gak usah berdekatan, soalnya nanti akan mengembang. Kalau adonan udah saling menempel dan naik mengembang dua kali lipat, baru deh dikasih olesan. Kalo yang saya bikin, di atasnya ditaburin keju. Sesuai permintaan anak-anak sih. Mau bikin bentuk kucing, lagi gak punya coklat. Nanti aja kapan-kapan.

Akhirnya setelah menunggu lebih kurang 30 menit, rotinya jadi. Aromanya enaak banget deh. Cuma karena pakai baking pan, saya belum menemukan besaran api yang sesuai. Bagian tengah agak kematangan. Gosong dikiit! Tapi bagian yang lain bagus kematangannya. Memang kalau soal panggang- memanggang ini butuh pengalaman. Tapi gak masalah. Nanti juga akan ketemu cara terbaiknya. Saya masih harus mencobanya sampai paham apa maunya si baking pan. Oke.. semangaat!



Killer Soft Bread ini memang enak banget deh. Teksturnya bisa sesuai yang kita inginkan. Pakai satu telur hasilnya jadi roti yang empuk gitu. Kalau pengen yang lembut, pakai yang dua kuning telur. Kalau saya pakai yang satu telur aja. Karena suka yang empuk.

Roti ini langsung jadi favorit anak-anak. Sejak pertama kali bikin, saya sudah jatuh cinta sih. Dan enaknya lagi, saya bebas mengganti isinya. Kadang selai stoberi, nanas, bluberry atau cokelat.

Roti bikinan sendiri memang lebih enak dan fresh. Bahan-bahannya juga terjamin dan higienis. Jadi kebahagiaan tersendiri buat saya, melihat anak-anak makan dengan lahap. Selain itu tentu saja bikin roti sendiri lebih irit. Satu adonan bisa untuk makan rame-rame.

Untuk teman-teman yang pengen tau resepnya, silakan main ke blognya mbak Lianny deh. Di sana ditulis lengkap. Kalau udah nemu resepnya, langsung coba bikin ya..  siap-siap aja ketagihan..

Selamat mencoba :)

2 comments:

  1. rajin ya mbak li bikin roti

    ReplyDelete
  2. selain bahanya irit,jadinya juga enak ya mak^^

    ReplyDelete

Hai komentar kadang-kadang di moderasi untuk menghindari komentar spam ^^
Terima kasih sudah berkunjung ya.. :)