30 March 2016

Raih Peluang Dengan Konten Kreatif

Tanggal 6 Maret yang lalu, saya bersama teman-teman Fun Blogging mengikuti kopdar yang diadakan di Burger King, Plaza Festival. Hadir mengisi materi kopdar hari itu,  adalah narasumber yang sudah lama berkiprah di dunia perbloggingan, yaitu Ani Berta yang akan berbagi tentang bagaimana memproduksi dan menciptakan konten kreatif.  Nggak cuma teh Ani aja lho, ada juga Niko Riansyah dari CNI yang akan bicara tentang dunia digital marketing. CNI dengan gerai www.geraicni.com nya melangkah mantap menggunakan digital marketing sesuai dengan tuntutan jaman. 



Mas Niko Riansyah, sebagai Sosial Media Community CNI, menjelaskan bahwa untuk mencapai hasil yang maksimal gunakan semua sosial media yang ada, seperti facebook, twitter, instagram, youtube, blog, google+ dan mail chimp. Perlu diperhatikan juga mengenai konten yang akan kita promosikan. Buatlah konten yang menarik, tidak semata-mata hanya bicara tentang produk, tapi gabungkan dengan tulisan-tulisan tentang informasi yang sejalan dengan apa yang kita jual. Misalnya CNI yang juga memberikan informasi tentang kesehatan kepada pembacanya. Prinsip utamanya Don't hard sell, tell stories well. Pembaca akan senang dengan cerita-cerita yang kita tampilkan dan foto-foto yang bagus.



Selain itu penting juga untuk mengetahui waktu-waktu yang tepat untuk mengupdate informasi di sosial media. Biasanya pengguna sosmed akan aktif mengakses sekitar pukul 9 pagi sampai sore jam 4. Sedangkan pada waktu libur  biasanya kurang efektif mengingat hari libur biasanya adalah waktu berkumpul bersama keluarga.


(mas Niko lagi jelasin materinya )

Selanjutnya acara diteruskan dengan materi dari Ani Berta. Yaitu tentang bagaimana memproduksi konten kreatif. Bagi saya atau mungkin buat sebagian orang, nggak mudah juga untuk membuat tulisan di blog menjadi tulisan yang menarik. Belum lagi kalau udah mentok, kehabisan ide. Nah, bagi Teh Ani sendiri, nggak ada cerita tuh mati gaya. Coba lihat di sekitar kita, banyak banget yang bisa ditulis. Banyak banget narasumber yang bisa diminta berbagi atau diserap ilmunya, lalu tulis di blog. Nggak usah berpikir terlalu jauh, ada banyak orang-orang yang pasti bisa memberi inspirasi. Entah itu tukang sayur, petani, pengusaha atau berbagi tentang bagaimana caranya mengurus NPWP. Simpel  tapi pastinya sangat bermanfaat untuk orang lain. 

Perjalanan ngeblog Teh Ani dari dulu hingga saat ini pun, semua melalui sebuah proses yang panjang. Bukan sekejap mata lalu mendapatkan peluang. Keuletan dan ketekunan merupakan kunci utama untuk tetap konsisten menulis. Tulisan Teh Ani yang tadinya hanya berawal dari keikhlasan ternyata malah mendatangkan banyak peluang. Semakin lama, peluang itu menjadi berkembang dari satu kesempatan ke kesempatan lainnya. Dari yang tadinya menulis untuk KPPA  secara sukarela malah lanjut digandeng Australia Aid  dan menjadi pembicara yang nggak hanya di dalam  negeri tapi juga di Malaysia. Untuk prestasinya ini pastinya bikin kita kagum luar biasa. Saluut!


(Ani Berta yang low profile )

Baginya nggak ada kata malas. Apalagi untuk yang ingin meningkatkan pendapatan dari blog. Saat ini blog bisa menghasilkan jika dikelola dengan serius. Untuk itulah seorang blogger harus meningkatkan kemampuan dalam membuat konten kreatif. Manfaatkan waktu yang ada untuk membuat draft tulisan. Berbagi opini, hobi atau hal-hal yang bisa menjadi inspirasi bagi orang lain. Pokoknya nggak ada istilah nggak bisa untuk menciptakan sumber tulisan.

Teh Ani juga memberikan masukan bagaimana caranya agar bisa membuat tulisan yang berbeda dari apa yang ditulis oleh orang lain. Gali informasi lebih dalam dan cobalah melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda. dan yang paling penting, pastikan bahwa apa yang kita tulis semua berdasarkan data yang tepat, Berdasarkan hasil riset yang sebenarnya. Dan yang paling penting agar blog kita dikenal orang, rajin-rajinlah share tulisan. Makin banyak berbagi makin banyak manfaat yang bisa kita dapatkan.

Hm, bicara tentang dunia blogging memang menyenangkan. Apalagi kalau melihat orang-orang yang sudah berhasil mengelola blognya dan mendapatkan income. Tapi harus diingat bahwa untuk mencapai hasil yang maksimal tentunya nggak bisa instan. Ada proses yang harus dilalui.  Soal pendapatan atau peluang nanti akan datang dengan sendirinya. 
Seperti yang Teh Ani bilang :

"The strenght of the work, automatically create opportunity"

Setuju banget. Ini seperti amunisi yang bisa dijadikan bekal untuk membuat kegiatan ngeblog menjadi asyik. Sip. Makasih ya teh, untuk motivasinya. Makasih juga untuk mas Niko, yang udah berbagi soal digital marketing. Sukses untuk ke depannya yaa.. *Aamiin











bm

Hai, terima kasih sudah mampir dan membaca tulisan saya. Have a Nice Day! Salam :)

2 komentar

Hai komentar kadang-kadang di moderasi untuk menghindari komentar spam ^^
Terima kasih sudah berkunjung ya.. :)

  1. keren teh waya, pas baca2 bagiannya mas niko, kayaknya orangnya kasep ya teh *salah fokus*. tapi bener apa yg dibilang sama mas niko, pengguna sosmed itu aktif di jam-jam 9 - 4, tapi biasanya jam yg paling mantap buat promo postingan blog itu pas jam makan siang. udah aku cobain dan emang banyak yang suka mampir.

    kalau buat mbak ani berta, beliau bikin aku jadi semangat buat ngeblog terus biar bisa ketularan beliau :)

    ReplyDelete
  2. konten yang kreatif sekarang ini memang banyak sekali di cari orang. orang orang sekarang ini suka konten yang simple bukan yang bermacam-macam barang seperti itu. jadi tingkatkan kreatif anda terus agar nanti mencapai hasil yang maksimal. sekarang ini susah cari orang yang pemipikarnnya kreatif.

    ReplyDelete
avatar
Admin Sejenak Bercerita Online
Welcome to Sejenak Bercerita theme
Chat with WhatsApp