05 January 2016

IndonesiaX untuk Masyarakat Indonesia Cerdas

Bila kita bicara standar pendidikan di Indonesia, saat ini rasanya masih jauh dari harapan. Apalagi jika menyoal jenis pendidikan yang masih terjadi ketimpangan secara sosial, pola standar pendidikan pun masih terjadi perubahan-perubahan yang tidak konsisten yang mengakibatkan hasil pendidikan menjadi tidak optimal, terutama hasil pendidikan yang kadang tidak siap pakai akibat dari potensi akademis yang tidak terbangun dengan baik.

Untuk menghadapi kondisi seperti ini, dibutuhkan suatu pola pendidikan tambahan yang dapat menggali potensi Sumber Daya Manusia sesuai dengan jenjang pendidikan yang dimiliki. Namun tidak mempunyai keterikatan waktu untuk belajar. Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan mengikuti kursus secara online. Kursus online dapat menjawab kebutuhan akan ilmu dengan waktu yang lebih fleksibel, tanpa harus meninggalkan pekerjaan sesuai dengan perkembangan jaman di era digital.

Mungkin belum banyak yang tahu kalau saat ini, kita memiliki IndonesiaX. IndonesiaX adalah
sebuah organisasi non profit yang menawarkan kursus online terbuka besar-besaran (Massive Open Online Course - MOOCs) dari universitas dan institusi terbaik dengan tujuan mencerdaskan bangsa dengan ilmu-ilmu yang bermutu. Ilmu yang langsung diberikan oleh profesor dan para ahli di bidangnya. Bukan hanya tentang ilmu akademis seperti Cyber Law, tapi juga ilmu tentang menambah keterampilan hidup seperti Change Management oleh Profesor Rhenald Kasali.

Kursus online ini gratis dan bisa diikuti oleh siapa saja yang tertarik untuk menjadi siswa dengan mengakses www.indonesiax.co.id Cara belajarnya juga tidak banyak menghabiskan waktu karena IndonesiaX dibuat untuk mempermudah masyarakat mempelajari mata pelajaran yang belum pernah didapat dari pelajaran sebelumnya. Cukup 10 sampai 15 menit perhari. Karena belajarnya secara online, peserta didik bisa mengikutinya baik itu dari tempat kerja, di rumah atau di manapun.

IndonesiaX berdiri dengan visi untuk menjadi penjaga dari layanan pendidikan terbuka dan terdepan di Indonesia, memberdayakan siswa dengan perangkat yang diperlukan untuk membangun potensi akademis mereka. Dalam waktu bersamaan, IndonesiaX akan memberdayakan institusi mitra dengan membuka saluran digital untuk berinteraksi dengan komunitas siswa online Indonesia.

Misi dari IndonesiaX adalah :  
  1. Menciptakan, mendorong dan menopang komunitas siswa online yang besar dan bergairah, membangun secara terus menerus melalui fitur-fiturnya agar sesuai dengan kebutuhan siswa.
  2. Menyebarkan pengetahuan dan kompetensi dari institusi pendidikan terbaik di Indonesia, terutama perusahaan, sehingga mereka bisa membagikannya kepada masyarakat. 
  3. Mendukung tujuan pemerintah Indonesia dalam meningkatkan dan memperluas level sertifikat professional dan pelatihan di Indonesia.
  4. Mendukung cita-cita dan aspirasi remaja yang sedang berkembang di Indonesia, memberi mereka harapan baru bagi masa depan mereka.

Demi terciptanya integritas akademik dari misi IndonesiaX  serta mempertahankannya maka dibutuhkan Organisasi untuk menjalankan visi dan misinya. Untuk itu  IndonesiaX memiliki Dewan  Penasehat yang terdiri dari beberapa tokoh terkemuka bangsa dalam dunia Pendidikan Tinggi. Fungsi Dewan Penasehat memberikan masukan  kepada Dewan Manajemen mengenai lintasan akademik dari platform IndonesiaX.

Para Dewan Penasehat antara lain :
  • Prof. Dr. Ir. Mohammad Nuh, DEA sebagai Ketua Dewan Penasehat
  • Prof. Rhenald Kasali, Ph.D sebagai Wakil Ketua Dewan Penasehat.
  • Prof. Dr.. Ir. Muhammad Anis, M.Met sebagai Anggota Dewan Penasehat.
  • Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA sebagai Anggota Dewan Penasehat.
  • Wishnutama Kusubandio sebagai Anggota Dewan Penasehat.
  • Ito Warsito sebagai Anggota Dewan Penasehat.
  • Budianto Andreas Nawawi sebagai Anggota Dewan Penasehat.

Dukungan jajaran Eksekutif sebagai Dewan Manajemen dalam pengelolaan operasional IndonesiaX diisi oleh tokoh-tokoh yang berkomitmen kuat dalam memperluas akses masyarakat dalam pendidikan online dengan membentuk kursus yang berkualitas dan dengan topik-topik yang relevan. Dewan Manajemen diisi oleh Lucyanna Panjaitan Mangoendipoero, CFP sebagai Presiden Direktur & CEO, Dean Jay Mathew sebagai Direktur & COO.

Pengajar  diisi oleh

  •   Ibu Friderica Widya Sari Dewi dalam Set BEI101 mengajar Introduction to Stock Exchange
  •   Bapak Ito Warsito dalam Set BEI101 mengajar Introduction to Stock Exchange
  •    Bapak Rhenald Kasali dalam Set RP101 mengajar Change Management
  •    Bapak Edmon Makarim dalam Set UI101 Cyber Law : Right and Obligations. 
  •  Wishnutama dan Tim Net mediatama Televisi yang memberikan kursus Broadcasting.

 Penandatanganan MOU


IndonesiaX telah melakukan penandatanganan MOU antara IndonesiaX dan Institut Teknologi Bandung pada tanggal 2 Oktober 2015. Seremonial dihadiri oleh Bapak Mohammad Nuh sebagai Ketua Dewan Penasehat IndonesiaX dan Bapak Kadarsah Suryadi sebagai Rektor Institut Teknologi Bandung.


Penandatanganan MOU antara IndonesiaX dan Universitas Terbuka pada tanggal 8 Oktober 2015. Seremonial dihadiri oleh Bapak Mohammad Nuh sebagai Ketua Dewan Penasehat IndonesiaX, Bapak Rhenald Kasali sebagai Wakil Dewan Penasehat IndonesiaX, Bapak Budianto Andreas Nawawi sebagai Anggota Dewan Penasehat IndonesiaX, Ibu Lucyanna Panjaitan Mangoendipoero sebagai Presiden Direktur & CEO IndonesiaX, Dean Jay Mathew sebagai Direktur & COO IndonesiaX dan Ibu Tian Belawati sebagai Rektor Universitas Terbuka.



Melihat nama-nama yang terlibat dalam IndonesiaX tentunya menjadi jaminan tersendiri tentang bagaimana kualitas ilmu yang akan dipelajari siswa di IndonesiaX.

Cara Mengikuti Kursus Online IndonesiaX

Lalu, bagaimana caranya mengikuti kursus online di IndonesiaX?
Caranya cukup mudah. Cukup akses web IndonesiaX, lalu mendaftar untuk menjadi siswa kursus.
Yuk kita ikuti tahapannya :

·         Langkah 1 – Mendaftar Gratis.

IndonesiaX terbuka untuk siapa saja dengan cara mendaftar untuk membuat akun pribadi  dengan cara mengunjungi www.indonesiax.coid klik Daftar dan masukan alamat email, nama pengguna dan detail informasi lainnya. Bila sudah terdaftar, tautan aktivasi akan dikirim ke alamat email dan kita tinggal mengklik tautan tersebut.


·         Langkah 2 – Memilih Kursus dari Universitas dan Ahli Terbaik.

Sebagai pengguna IndonesiaX, anda diundang untuk mendaftar kursus sebanyak yang  diinginkan. Pada dasarnya kursus di IndonesiaX didesain untuk kebutuhan anda. Kursus-kursus ini dibuat agar menyenangkan, cepat, dengan tujuan belajar mingguan yang tepat. Setiap kursus memiliki profile yang memuat keterangan kursus dan tempat dimana anda bisa melihat video pengantar.



·         Langkah 3 – Belajar Melalui Video & Materi Pembelajaran Lainnya.

Ketika telah mendaftar kursus, anda bisa mengakses materi kursus melalui akun pribadi anda. Materi kursus yang terdiri video kursus, transkrip, test dan ujian akhir ini tersedia di website IndonesiaX. Lebih jauh IndonesiaX juga memungkinkan anda mengunduh seluruh materi kursus termasuk video.



·         Langkah 4 – Menyelesaikan Test Kursus

Setelah anda menonton video kursus atau membaca transkrip setiap minggu, anda berkesempatan mengikuti tes mingguan. Saat ini format tes yang tersedia adalah pilihan ganda dengan 10 pertanyaan per minggu yang berkaitan dengan materi kursus. Pastikan anda mengerjakan semaksimal mungkin karena anda hanya mempunyai satu kesempatan dalam menjawab setiap pertanyaan. Jawaban yang benar akan mendapatkan tanda centang hijau.



·         Langkah 5 – Lulus dan Memperoleh Sertifikat yang Terverifikasi.

Semua kursus IndonesiaX gratis. Silakan gunakan kursus ini sebaik-baiknya. Jika anda ingin memverifikasi kelulusan dan penguasaan materi kursus, anda akan diberi opsi untuk membeli sertifikat. Sebelum anda membeli sertifikat anda harus memiliki nilai kelulusan lebih dari 50% atas tes dan ujian akhir.



Disamping kegiatan kursus, IndonesiaX juga memiliki Forum Diskusi Online sebagai wadah diskusi komunikasi para peserta kursus. Peserta akan lebih bersemangat karena bisa berkumpul dengan teman-teman baru.


Para siswa IdonesiaX dapat pula mengisi Testimonial pada website IndonesiaX. 



Saat ini jumlah pendaftar kursus pada IndonesiaX sudah lebih dari 25.000 peserta yang terdiri dari 77 kota di Indonesia. Selama periode 5 Agustus 2015 sampai dengan 31 Oktober 2015 jumlah pengunjung pada website IndonesiaX mencapai 991.632 pengunjung dengan 103 negara dan 896 kota di seluruh dunia. Bila melihat dari jumlah angka yang terus mengalami peningkatan, rasa optimis terhadap dunia pendidikan kembali meningkat. Apalagi bila ilmu yang didapat bisa disebarkan kepada orang lain. Terus dan terus menyebar menjadi ilmu yang bermanfaat dan mencerdaskan. Indonesia ke depan pastinya akan lebih hebat.

Bagaimana.., cukup jelaskan? Nah, tunggu apalagi.. buruan kunjungi websitenya, daftar dan bersiap menimba ilmu langsung dari para ahli. 

bm

Hai, terima kasih sudah mampir dan membaca tulisan saya. Have a Nice Day! Salam :)

11 komentar

Hai komentar kadang-kadang di moderasi untuk menghindari komentar spam ^^
Terima kasih sudah berkunjung ya.. :)

  1. langsung sy menuju TKP...ingin sekali tambah ilmu...makasih informasinya :)

    ReplyDelete
  2. IndonesiaX luar biasa banget. Ini yang dicari ibu-ibu, gak perlu keluar rumah. ^^

    ReplyDelete
  3. Wah asik banget, gratis pula ya.

    ReplyDelete
  4. Ya ampun, ini keren banget. U pegiat homeschooling kayak kami ini manfaat banget. Aq simpen ya info ini. Ntar ta share ah biar tmn2 homeschooler yg lain bisa gabung. Nuwun infonya ya mb waya

    ReplyDelete
  5. Aku mauuuu ikutan, ada Prof Kasali idolaku jaman sekolah dulu

    ReplyDelete
  6. wahh ak sm siswaku kudu bgt daftar..mksh infony mb

    ReplyDelete
  7. whoaaa... aku mau ikut kursusnya aah, butuh bgt nih buat upgrade ilmu.

    ReplyDelete
  8. Kereen yaa, dedikasi org-org besar itu untuk Indonesia. moga makin banyak yg melek teknologi dan manfaatin kursus gratis macam ini.

    ReplyDelete
  9. Aku asli tertarik nih.. senang aja belajar lagi...get new refresh

    ReplyDelete
  10. Aduuh pengen nyobaaain ini, kayaknya seru ya, kursus gratis dr org2 profesional. Makasih mbak Waya, infonya ^^

    Anw, mampir ke blogku ya, ada postingan khusus buat Mbak Waya :D

    ReplyDelete
  11. pingin ah daftar, belajar gratis

    ReplyDelete
avatar
Admin Sejenak Bercerita Online
Welcome to Sejenak Bercerita theme
Chat with WhatsApp