30 December 2011

Cerita diakhir tahun

Tak terasa,besok sudah penghujung tahun,meninggalkan semua kisah di tahun 2011 , melewati keseharian yang selalu menarik untuk diceritakan.Entah itu suka ,duka.Semua berlalu begitu cepatnya.




Kamis pagi lalu,saat aku keluar rumah kira-kira pukul setengah tujuh pagi,ada seorang nenek,duduk menangis sedikit meratap,tersandar dipagar depan mesjid,bajunya kotor,dan sudah tak bisa berjalan.Taksiranku umurnya sekitar 70an.Tampilannya sudah sangat tua.Dari ibu-ibu sekitar aku baru tau kalau dia tinggal diRT lain disekitar rumah kami.Katanya  baru diusir anaknya .Karena sudah sangat merepotkan.Hmm..,miris.Kok tega ya? Dengan ibu sendiri kok ya seperti itu.Lalu tak lama kemudian pak RT datang,katanya  sang anak tak lagi bersedia merawat ibunya,Mengagetkan ya?lalu diputuskan untuk membawanya  kepanti jompo secepatnya.Rasanya pengen laporin anaknya kepolisi,biar ditangkap.
Dan....,rasanya sumpah serapah orang yang ada disekitar sudah tak terhitung jumlahnya.Kejadian ini Sungguh-sungguh menodai kehangatan hari ibu yang kita rayakan kemarin.Menyedihkan ya?Kemana perginya hati nurani?


Tadi pagi juga ada kejadian yang membuat aku bingung mencari kemana perginya hati nurani.Seorang karyawan omku,kehilangan hp yang sudah lama diidam-idamkannya ,yang baru dibeli dengan gaji pertamanya,diusianya yang baru tamat Sma dan baru saja bekerja,ditambah lagi dgn ayahnya yang baru saja meninggal.Boleh dibilang kehidupan mereka pas-pasan.Kehilangan hp itu,mungkin bagi orang lain tak seberapa,tapi yang bikin miris,proses kehilangan itu,karena kelakuan teman sendiri.Temannya itu datang kerumah ,ngajak makan ,katanya mau traktir karena abis gajian.Lalu lagi enak-enaknya makan,temannya pura-pura pinjam hapenya dia ,katanya punya dia abis dicopet.Trus dipinjemin deh hpnya.Tapi siteman itu,lama-lama makin menjauh  dari tempat mereka makan,sampai kemudian nggak tau lagi dimana dia berada.Kebayang kan,gimana sedihnya?Makanan dan minuman aja belum dibayar.Bukannya nraktir malah menyusahkan.Mungkin lain cerita bila hp itu hilang karena dicopet  orang lain.Kok tega ya?(teman makan teman..)Sayangnya siteman itu nggak jelas dimana rumahnya.Hingga keberadaannya sulit dilacak.


Tapi ada juga cerita tentang kebaikan hati yang sekarang sudah jarang kita temukan,
Beberapa hari yang lalu ,seorang tetangga kehilangan dompetnya ,berisi uang ,stnk,sim,atm dll.Rasanya nggak mungkin masih ada orang yang mau mengembalikan seandainya tercecer.Tapi ajaibnya sehari kemudian datang seorang bapak penjual minyak yang membawa dompet dengan isi yang masih super lengkap.Tak satu lembarpun hilang.Akhirnya oleh siempunya dompet,sibapak yang baik hati dapat hadiah semua uang yang ada didalam dompet,jumlahnya 300ribu.Sangat lumayan untuk sseseorang yang hanya berharap dari literan minyak yang dijualnya.Hmm...,pokoknya salut banget sama sibapak.


Yah...,memang banyak cerita kehidupan seperti dua sisi mata uang.Ada yang punya hati dan ada juga yang tidak.Memasuki tahun 2012 ini,aku berharap semoga  kebaikan yang nyata selalu menjadi topik dalam kehidupan kita,entah  itu lewat media manapun,koran,majalah,televisi dan lainnya,hingga perlahan mengikis dinding kejahatan yang mungkin sedikit sulit untuk dimusnahkan,Tapi kita harus tetap optimis,masih punya banyak harapan untuk meraih itu semua.Insya Allah.Dengan selalu mulai dari diri sendiri,dari yang kecil,lalu sering-sering mengasah nurani ,membuka mata,bahwa kebaikan akan selalu ada,meski dalam hati seorang yang kekurangan sekalipun.Setuju Nggak?


Okee  sobat ,tahun 2012 sudah menjelang,semoga  kita bisa menghiasinya dengan semangat untuk menjadi lebih baik,lebih peduli dan saling menyayangi,percayalah, Kita bisa   :)


~Salam hangat ~





29 December 2011

Nyamuk dilarang mampir !

 Beberapa hari yang lalu,anak-anak terserang demam dengue.Demam yang disebabkan gigitan nyamuk yang bikin aku super stress.Sungguh,aku benci sama nyamuk itu.(hiks)Dimulai dari panas yang nggak turun-turun,sampai kecape'an karena mijitin kaki mereka yang sepertinya benar-benar pegel luar biasa.Ternyata rasa sakit ditulang-tulang itu memang akibat dari demam yang sedang menyerang.Belum lagi usaha untuk membuat mereka mau minum,agar jangan sampai kurang dari 2,5 liter sehari,kurang minum akan terus membuat trombosit menurun drastis.Mulai dari susu,jus,air putih,sampai air kelapa muda,terus dipaksa masuk.Sebenarnya kasian ,saking enegnya,wajah kakak sampe nggak suka kalo aku sudah pegang gelas.Tapi mau gimana lagi,cuma itu jalan satu-satunya untuk mencegah rawat inap.Bukannya nggak mau dirawat,hanya saja memang dokter menyarankan nggak dirawat dulu,tapi harus sanggup minum sebanyak yang disebutkan tadi.Bila dalam 2 hari,tak terpenuhi,barulah tindakan rawat inap diambil.Untungnya secara umum kondisi mereka,makin melewati masa kritis,mereka sudah keliatan segar.Dan hari ke7 mereka sudah bisa berantem.Hari kedelapan,bahkan sudah teriak-teriak dan menangis,karena rebutan remote TV.(*brisik ,hehee)


Dan Alhamdulillah,sekarang  mereka sudah sembuh,dan rumah kembali ceria lagi.Mereka bahkan sudah mulai mencoba bikin avatar seperti ini :
ini kakak tyta


ini adek Naufal
 Hewhew....,inilah dia avatar Narsisnya :) ,kakak  jadi penyanyi.en adek jadi pemain bola.,Bikinnya sambil sesekali ketawa ngakak.(Tawa yang sudah seminggu tak terdengar)


Wah..,menyenangkan mendengar teriakan mereka lagi,bahkan sesudah ini mereka mau bikin avatarnya dengan bentuk wajah yang konyol..(*pertanda mulai bergairah..,hahahaa)


Hanya saja ,setelah melewati semuanya ,baru sekarang aku merasa badan ini nggak karuan.Capek,mau flu juga.Mungkin karena sejak beberapa hari belakangan  selalu tak bisa tidur,takut kalau panasnya naik lagi.Yah,semua rasa nggak enak ini nggak ada apa-apanya dibanding kesembuhan mereka.,dibanding kecemasan yang aku rasa,saat memegang kening mereka yang panasnya membuat hati menangis,memohon kesembuhan dari Allah.*Duhai ..Allah,terimakasih atas karuniamu.Sakit,sehat,senyum,tawa,semua terjadi atas izinmu , maafkanlah kelalaianku.


Kalau waktu bisa diulang,rasanya aku ingin menyusuri setiap jengkal dalam dan luar rumah,menyempatkan diri melihat apa diluar ada kaleng-kaleng kosong atau wadah berisi air,yang bikin nyamuk jadi betah bersarang.Bahkan disekitar rumah kini sudah 5 anak jadi korban.Semua gara-gara mahluk kecil belang-belang itu.Huuh,Sesal memang tak ada gunanya.Hanya harus tetap waspada supaya jangan sampai ada korban lagi.Jangan sampai nyamuk dan teman-temannya  yang nakal itu gigit-gigit lagi.Pokoknya : Nyamuk dilarang mampir !.


23 December 2011

Selamat hari ibu





Hari ibu kali ini,aku dapat kejutan dari anak-anak.Menyenangkan .Sebenarnya kemarin aku sempat tak sengaja mendengar bisik-bisik didalam kamar,lalu pintu ditutup sambil teriak,"mama nggak boleh masuuuuk....!,dalam hati sedikit geli,lucu sekali mendengar mereka menghafal lagu tapi dengan cara berbisik-bisik seperti itu.
Lalu tadi pagi ,kakak udah sibuk didapur,kupas-kupas bawang,sambil sesekali menyeka matanya yang kepedihan."maa....,bisa nggak,bawang merahnya pake dua aja...?soalnya udah nggak tahan nih,pedih banget..,hehee.Katanya dia sedang ingin sarapan nasi goreng.Jadilah perjuangannya dengan sang bawang berlanjut terus sampai tahap pengirisan(yg nulis lebay banget ya?hee)
Nggak lama,nasi gorengpun jadi,beralaskan piring melamin kepunyaannya,nasi goreng terhidang plus nugget dan sedikit kentang goreng.Aku masih berpikir kalau dia sedang benar-benar ingin makan nasi goreng.Lalu katanya,"Maa...,ini untuk mama,hadiah Selamat hari ibu....,katanya sumringah.
Aku terharu,dan langsung menyantap nasi goreng buatannya  yang rasanya terenak sedunia,ditambah dengan cium sayang dan pelukan.Dan,karena nasi gorengnya pas hanya sepiring,kami memutuskan untuk makan berdua,Adek menolak makan,katanya cereal lebih enak...,hehee.
Beranjak sore aku baru sempat menelfon ibu,padahal aku sudah posting puisi untuknya difb sejak pagi.Gara-gara pulsa yang aku pesan lewat teman nggak masuk-masuk,jadi tertunda mengucapkannya.Alhamdulillah,ibu senang ketika aku ucapkan Selamat hari ibu,terimakasih sudah melahirkan aku,terimakasih untuk semua pengorbanan,yang takkan mungkin bisa terbalaskan,bahkan sampai kinipun aku masih belum bisa membahagiakannya..,Aku hanya bisa mendoaakan agar ia selalu sehat dan bahagia.kata ibu,ibu hanya ingin anak-anaknya bahagia,ibu senang hari ini anak-anak banyak yang telfon.,yah....,pokoknya pembicaraan tadi mengharukan.Hiikz,jadi pengen nangis. :'(
Tapi ,menjelang sore kakak tiba-tiba merasa pusing dan badannya panas.Entah apa sebabnya ,apa mungkin karena kemarin terlalu senang bersepeda.Memang sepedanya baru saja diperbaiki,jadi maunya naik sepeda terus ,nggak peduli siang panas,terus aja goes.
Malamnya sambil peluk-peluk kakak,adek naik ketempat tidur,katanya mau mementaskan sesuatu,katanya juga,maaf...,kertas catatan lagunya baru dia temukan ,tadi dia lupa nyimpan dimana.(heheee..,bisa aja)
Hmmmm....,adek sukses bawain lagu,kusayang mamanya...,Horeeeeee...,adek hebat!mama tepuk-tepuk paling meriah,hmm,makasih ya adek,lagu dan suaranya adalah lagu dan suara terindah sedunia...,luvluvluv yu yaaaa...,anak-anak mama memang anak hebat.makasih ya Allah,mereka anugrah yang terindah..
Dihari ibu ini,ada bahagia dan ada juga sedih,bahagia karena tingkah manis anak-anak,tapi juga sedih  karena kakak sakit.Hmm, Cepat sembuh ya sayang...,biar bisa bikin suasana rumah kita rame lagi,juga supaya bisa bikin sesuatu lagi buat mama dan ayah.. :)


*oh ya,Selamat Hari ibu yaaa..,smoga kita semua bisa jadi ibu yang "mempesona"..,lahir dan bathin :)

21 December 2011

spidernaufal

Ini dia siadek yang cinta banget sama spiderman,sampe gaya fotonya juga ngikutin gaya idolanya...
Keren ya, dia? :)

02 November 2011

Rompi merah putih adek


Tadi,gak sengaja nemuin foto ini.Jadi inget beberapa tahun yang lalu..saat adek masih tk,disekolah ada acara yang mewajibkan semua murid pake baju merah putih.Adek gak mau  cuma pake kaos merah sama celana putih aja,maunya ditambahin rompi yang ada kotak-kotaknya..Hehee..,gak nyangka sekecil itu udah stylish.Nah,karena gak punya bahan seperti itu,terpaksa aku  nyari ke pasar minggu,alhamdulillah nemu.Sesuai dengan apa yang diinginkannya.Sampe rumah,gambar-gambar,gunting-gunting...,jahiiit...,dan..,"taaaadaaaa...." jadilah rompi kotak-kotak merah putih ini..Wah adek senangnya minta ampun.tapi gak lama wajahnya mengekspresikan ide cemerlang,katanya "maa...,pasti bagus deh ma,kalo ditempelin gambar mobil..!hehee...,aku senyum-senyum,sambil mengingat-ingat dimana aku nyimpen tempelan mobil yang dulu pernah ku beli.setelah bongkar sana ,bongkar sini.gambar mobil mungilnya ketemu,adek gak sabar nunggu dijahit.sambil duduk disampingku,ia terus memperhatikan jarum mesin yang turun naik.sampe selesai.
Rasanya masih kebayang wajah senang siadek begitu jahitanku selesai. Rompi itu dipake terus sampe malam,padahal acaranya besok paginya.hehee..., semua kelelahan terbayar ketika bisa memberinya kebahagiaan dan kebanggaan mengenakan sesuatu yang sesuai dengan keinginannya.
Besoknya ,semangat merah putih itu terbawa ketika adek ikut berbagai lomba,gak cuma sehari,kalo gak salah rompi itu terus dipake sampe seminggu berikutnya.Pokoknya :
"tiada hari tanpa rompi"hehee.

01 November 2011

Roti N'dut

Sore-sore.
Diluar hujan...,gak bisa kemana-mana.
Aku dan kakak sepakat bikin roti tawar made in sendiri.
Wah gak nyangka banget ,pertama kali bikin ,langsung sukses n jadi roti yang gendut ini.Waktu masih dioven aja, baunya?wah,kayak bau-bau yang ditoko roti gitu....,hmmmm...,asliii enaaaaak bangeeeet..
Kata kakak juga mendingan besok-besok bikin roti sendiri.kalo beli,kan bentuknya gak kaya' gini.(ya iyalah....,gak "roti"bangeet gituu looh..,hehee.)
Hmm,jadinya roti ini gak nunggu lama,langsung diserbu sama pasukan adek dan kakak....,hmmmm..,yummy,tak lupa juga makannya dijodohin sama susu coklat panas..,slurp...slurp..,hmm..,luv yuu chayank,makan yang banyak ya,biar cepet gede! :D


Thanks God,untuk hari yang menyenangkan ini....*Alhamdulillah..

25 April 2011

Amarah Dhea

Dhea merapatkan jaketnya.Dingin mulai menyapa,akhir-akhir ini cuaca memang tak menentu,sebentar,hujan ,sebentar panas. Kadang juga tak terasa hembusan angin sedikitpun,gerah.
Digenggaman tangannya,terselip selembar kertas berisi tulisan tangan yang membuat hatinya sakit.Laki-laki itu mengiriminya selembar surat,bahwa ia tak membutuhkannya lagi,bahwa kini ia pergi bersama seseorang yang lebih sempurna darinya. Haaaah...,suaranya terasa tercekat ditenggorokan,ingin teriak,tapi separuh hatinya bilang jangan. Buang-buang energi.Akhirnya Dhea tersenyum.Ia melangkah pelan,sesekali angan-angan nakal menganggu.Dhea lagi-lagi hanya tersenyum,tak sabar ,ingin segera pulang.
Tak begitu lama, ia sampai didepan pintu kamar. Pelan ia menuju lemari ,membuka sebuah laci.Entah apa yang ada dipikirannya,pandangannya terhenti pada sebuah benda yang selalu bersamanya saat ia berpetualang bersama teman-teman ,menembus hutan.Pisau lipat itu,menggodanya,kemarahan dihatinya membuat ia tak lagi berpikir panjang.Cinta telah membutakan mata hatinya,ia hanya ingin membuat luka itu lebih dalam,lebih sakit dan lebih sempurna,bahkan dengan lebih banyak darah. Dhea bergegas keluar.Setengah berlari ia  menuju satu tempat dimana ia sangat yakin bisa menumpahkan segala amarahnya,meluapkan segala sesalnya,tapi...
belum lagi jauh kakinya melangkah,tiba-tiba hati kecilnya berbisik.Jangan Dhea! hidupmu masih panjang,jangan biarkan benda itu merusak hidupmu,darah itu takkan pernah cukup untuk memuaskan hatimu. jangan biarkan dirimu melakukan sesuatu yang membuat Tuhan benci padamu,jangan Dhe...,suara itu terus memenuhi telinganya,sampai dia tak lagi bisa mendengar apapun selain suara itu,jangan...jangan...jangan
Dhea tersentak.Astaghfirullah,Tuhan, ampunkan aku.ampunkan kebodohanku,ampunkan aku Tuhan,lama Dhea menangisi kebodohannya,kekhilafan yang hampir membuatnya terjun kejurang yang paling menakutkan,berkumpul bersama orang-orang yang paling dibenci Tuhan.Setelah puas menangis,ia melangkah pulang,yakin bahwa ia takkan melakukan kebodohan lagi,tak akan, Hujan  mulai turun satu-satu,Dhea membuang pisau lipat itu sejauh ia bisa melemparkannya,setengah berbisik ia berucap "PERSETAN DENGAN CINTA,Dhea bergegas melangkah,kini dengan langkah kaki yang lebih pasti.(meski amarah itu sesekali masih menari-nari.)

07 April 2011

Semua punya shampo..

Ada cerita lucu,ketika adek,mendekat dan  mencium rambutku,yang kebetulan memang habis creambath,jadi aromanya yg menyegarkan membuat ia tergoda menciumnya.Katanya..: "ma...,rambut mama,wangi bangeet. pasti mama pake sampo baru ya? ,sambil nonton,aku menjawab ,"enggak dek,mama td pake krim strawberry . Emang wangi banget ya dek?"tanyaku.
"Oh..,fal pikir,.tadi mama pake sampo kiwi yang baru itu, yg dikamar mandi
"sampo Kiwi?" tanyaku, "iya ma,samponya aneh. fal gak jadi pake,tutupnya ada spons gitu.Baunya juga aneh. Wajahnya serius. Lho..maksudnya? olala....aku paham sekarang,pasti yang dimaksudnya sampo kiwi,adalah semir sepatu cair ukuran besar,yg td pagi kukeluarkan dari kantong belanjaan kemarin,pasti ada kesalahan. Segera aku kekamar mandi.Dan, hahaha....,ternyata aku yg salah meletakkan semir sepatu itu berjejeran dgn sampo yg baru dibeli kemarin. Iseng aku bertanya "apa fal gak liat ada gambar sepatunya?"aku tak dapat menahan senyum,emang gak pernah liat dikeranjang sebelah rak sepatu?"
"nggak perhatiin ma"jawabnya sambil membalas senyumku."waktu mandi juga gak sempat liat ma,kan udah seru cibang-cibung airnya,untung aja gak jadi pake.katanya dgn muka lucu.hehee..,
"..ya..,mama yang salah meletakkannya",jawabku, sambil berjalan menghampiri rak sepatu. Katanya lagi.,"oh..jadi kiwi itu samponya sepatu ya ma?dan aku hanya menjawabnya dengan tawa,sambil membayangkan apa yg dipikirkannya. Ternyata dia masih menyambung lagi,"manusia punya sampo,kucing punya sampo,mobil punya sampo,motor punya sampo,eh sepatu ternyata juga punya sampo,heheee...,semua punya sampoya ma?" hm.. dia membuat aku terus tersenyum.  :)

Ketika cinta terbalut dusta..

Aku pernah didusta cinta
Ketika aku masih belia, seseorang mengucapkan cinta
Padahal dia juga masih sangat muda
Jadi...kurasa itu hanya dorongan emosi semata

Ketika aku remaja
Akupun pernah didusta cinta
Hari-hari rasanya merana
Karena kekasihku mendua

Beranjak dewasa
Aku masih saja dihantui dusta
Patah hatiku jadinya

Sekarang
Dusta itupun masih meraja
Hanya sedikit berbeda
Meski CINTA selalu ada
Tetap saja dia tak terlihat nyata

Meskipun aku bergaya sekuat tenaga...
Tetap saja tak ada kata-kata
Meskipun aku jungkir balik dihadapannya
Tetap saja dia gengsi, untuk bilang : CINTA ..
Padahal matanya menyimpan banyak RASA.


(untuk sahabatku yang kini sedang mencari cinta dijiwa pasangan hidupnya...Semoga CINTA itu masih ada..)





04 April 2011

Cinta tanpa pandangan mata..

Siang ini,aku dibuat terkesima dengan kejadian dihalaman rumahku.Seorang ibu,dengan 3 anak-anak yg masih balita..,masuk kehalaman,aku sudah tau kondisinya,memang sedikit kurang beruntung ,badannya sedikit bungkuk,jalan tertatih2...,pandangan mata tak pernah fokus....,bicaranya tak jelas,hanya beberapa patah kata saja,itupun selalu berteriak2..,bila "gangguan itu datang,teriakannya terdengar seperti orang kesurupan...,,kadang anak2 sekitar,termasuk anak-anakku sampai ketakutan.
Tapi aku tak pernah melihat langsung caranya mengasuh anak2,karena selama ini ,memang baru sekali ini dia masuk kepekarangan rumah.Aku duduk menatapnya dari balik jendela...,ingin tau,bagaimana cara dia berkomunikasi dgn anak-anak itu..,wajah mereka terlihat senang...,gembira berlari-larian.. ,kemudian berhenti mengamati dan mengumpulkan buah2 mengkudu  yg berjatuhan,salah satu anak mencium buah itu....,mukanya berubah...,diikuti dgn suara teriakan mereka berempat....,satu persatu bergantian mencium buah yg bau itu.....,hehe...aku tak dapat menahan tawaku,melihat tingkah mereka...,tapi terlintas juga rasa sedih,karena pandangannya yg tak fokus....,membuat ia selalu berpaling kiri dan kanan...,sibuk,mencari suara -suara yang sedang tertawa....,tawa anak-anaknya..
Tak puas dengan kejadian itu,si ibu mencari  sesuatu yg lain lagi...,anak2 setia mengikuti,mereka berjalan kearah kolam ikan,terbungkuk2 ia mengumpulkan kerikil2 kecil yg ditaruh dibajunya....,anak2nya senang,baju siibu berubah menjadi kantung...yg bisa dipakai utk menaruh batu....,satu persatu tangan kecil itu melempar kerikil itu ke arah kolam..,mereka tertawa ,kurasa mereka tertarik dgn suara cemplungan kerikil itu....,lalu setelah kerikil habis,siibu malah punya ide lebih gila lagi...,dia mengangkat batu yang lebih besar...,lalu melemparnya kekolam.....dan....hahahaahaa....,mereka teriak-teriak kegirangan,senang melihat air menyiprat muka mereka..,aku berharap kejadian itu tak berlanjut,khawatir,ikan2 disitu mati....,dan alhamdulillah...,seolah sepakat dgn jalan pikiranku,,dia berhenti...,mereka lanjut menjelajah...,anak2 mengikuti.. dari belakang..,bergandengan.
Tiba-tiba dia berhenti dan duduk mengamati  beberapa burung gereja yg sedang bermandi pasir...,Nah..lho..,aku sedikit khawatir.burung2 itu asyik bermain ,dan seperti dugaanku...siibu duduk..,setengah berguling...,lalu memainkan kedua kakinya diatas pasir.....,anak2nya tertawa....dia melanjutkan aksinya..,membuat berbagai mimik muka yang lucu...,anak2 masih terus tertawa.....,tapi aku tak melihatnya sebagai sesuatu yg lucu.....,aku melihat kasihnya disitu....,dia menunjukkan rasa sayangnya dengan segala keterbatasannya....,diantara kedua pandangan matanya yang tak pernah fokus....,diantara ketidakmampuannya untuk bicara normal...,kelakuannya bahkan lebih anak2 daripada anaknya sendiri.....,ia....,membuat dirinya menjadi burung...,hanya demi usaha menyenangkan hati anak-anaknya..,memberikan kegembiraan pada buah hatinya....dan anak2 itupun sangat mencintainya...aku melihat cinta yang melimpah,diantara kosa kata yang tak banyak..hanya haaa...aaaa....maaa..,juga cinta yg sempurna meskipun ia tak pernah bisa menatap wajah anaknya...,ia benar-benar telah membuat anak-anak itu bahagia..,tiba-tiba sebuah pertanyaan menggangguku, bagaimana  nanti ia melewati hari2 selanjutnya saat anak2 itu sudah beranjak besar...,apakah cinta mereka masih tetap sama? apakah saat itu cinta tak bersyarat masih ada dihati mereka...?aku tak berani berpikir..terlalu jauh...,tapi kurasa...,semakin lama ia pasti akan semakin berhasil membuat cinta anak2 itu lebih besar pada dirinya..,bahasa cintanya lebih hebat dari apapun...,aku yakin ia akan semakin banyak menggoreskan kenangan dihati mereka... .....,diam-diam aku menaruh kagum padanya....,aku tak mau melepaskan pandangan,tak mau kehilangan sedikitpun  kehangatan kasih mereka....,sampai akhirnya mereka pulang..,meninggalkan halaman..,.bergandengan,.tangan ..,kali ini ia tak didepan...,ia beriringan menggandeng anak terkecil...dengan senyum diwajahnya...,tapi ..,pandangannya tetap saja entah kemana.......

03 April 2011

aku si Monster Mama...

anak-anak terus saja bertengkar.......,beginilah kalau sedang liburan....,seolah2 mereka melepas kerinduan,setelah hampir 6 harian terus berkegiatan...,,teriak sana-teriak sini...,kejar-kejaran...saling mengejek....haaaaaaaah.......,mama pusiiiiiing...sayang..
Oh...,anak-anakku....,bisakah kalian diam sebentar saja?mama sedang ingin menulis sesuatu sayang......
Dan...mereka terus saja...,berlari-larian ,lompat-lompatan diatas tempat tidur....,uyjhyghfhnvtfkfuifvyfcbvgbhhf.gnh...Stop! coba lah lihat...,hasil tangan jahil mereka ketika menyentuh keyboardku.....,sepertinya aku tak bisa meneruskan ini....,mereka terus menggodaku...,semua ide dikepalaku..sekarang sudah hilang...,ahh...ya sudahlah....,sepertinya sekarang lebih baik,kalau aku yang mengejar2 mereka....berubah menjadi MONSTER MAMA.....hahahahaaaaa.....,haaaay...anak-anak....,lihatlah aku...,si Monster Mama....aku akan membuat kalian bahagia.....hahaha.......

29 March 2011

Suatu malam ,didepan warung sate..

Kemarin...,sepulang dari silaturahmi kerumah tante,kami mampir disalah satu warung tenda dekat rumah,karena tiba-tiba aja pengen makan kwetiaw goreng.Didepannya berjejeran  segala macam jajanan...,tepat didepan kami duduk menunggu,sebuah warung sate madura mengepulkan asap ,banyak juga pelanggan satenya..
Kami tak banyak bicara...,semua sibuk dengan pikiran masing-masing.Aku hanya memperhatikan asap yang terus saja mengepul,sesekali usil juga melihat anak perempuan si ibu sate,membantu mengipas2 panggangan itu,kasian...,bisik hatiku..,jam segini masih diluar...,bagaimana dia belajar ya..?ah mungkin sekolahnya masuk siang... Lalu..tiba-tiba Tita anakku yang masih belum genap 9 th,memecah keheningan lamunanku... katanya.. "Ma...,anak ibu itu,pinter banget ya ma...?hebat...,masih kecil kayak gitu udah bisa masak sate... kok bisa ya ma...,dia kipas2 terus,padahal asapnya banyak...,pasti mamanya bangga, suaranya menggambarkan betapa hebatnya anak itu....,katanya lagi..."kakak ingin deh ma,kaya'gitu...,pasti mama bangga deh ,heheee...
Aku merasa sedikit  tertegun,ternyata sudut pandangnya berbeda....,baginya anak itu hebat,sementara bagiku...,tak seharusnya anak sekecil itu berada disitu,dalam kepulan asap pula, baginya anak itu pastilah membuat orangtuanya bangga....,malam itu aku belajar dari anakku , ternyata anak-anak selalu ingin membuat orang tuanya bangga...,padahal apapun kebisaan sang anak,setiap orang tua pasti punya kebanggaan itu didalam hatinya...,bukan hanya masalah prestasi,tapi juga kemampuan-kemampuan yang lain..,hanya terkadang ada juga orang tua yang lupa menghargai apa yang anak lakukan meski itu hanya sebuah hal kecil...,itulah kesimpulanku malam itu....,sambil jalan aku terus mengajaknya bicara....,bahwa orang tua pasti selalu bangga punya anak-anak yang sholeh dan sayang pada orangtua, apalagi bila ditambah dgn rajin belajar....,termasuk dengan anak tukang sate itu...,mamanya pasti bangga...,karena ia bisa diandalkan...,mungkin ia sibuk membagi waktunya antara membantu orangtua dan belajar...,siapa tau,mungkin ia juara dikelasnya...,siapa tau pula kelak ia akan jadi  pengusaha sukses yang akan semakin membuat bangga kedua orangtuanya....,anakku mengangguk2kan kepala....,tapi saat hampir sampai ,dia bicara lagi..."jadi kapan ya ma....,kakak bisa kipas-kipas sate kayak gitu..?haaaa?aku bengong mendengar kata-kata polosnya...."Ya.sudah,,kalo gitu,besok kita beli sate...,terus mama minta ijin sama ibunya ,supaya kakak dibolehin kipas-kipas  satenya....,mau...hehehe....sikakak tertawa senang,sambil berbisik "Yess...!ku lihat senyumnya terus mengembang.....

27 March 2011

Nyanyian rindu untuk papaku,si'kakek polo





Papa...,hari inipun,aku merindukanmu...,seperti waktu-waktu yang lalu..
kenangan itu memang tak banyak yang tinggal diingatanku,karena aku dulu memang tak terlalu dekat...dengannya,dan aku menyesal waktuku berlalu tanpa banyak menorehkan jejak yang dalam diruang hatiku....,tapi aku tau ..papa pasti sayang padaku.!

Semua kelucuan dan tingkah laku papa ,hanya bisa kuikuti sepintas lalu....,tanpa pernah ikut serta..,entah mengapa..,mungkin karena aku terlalu segan padanya..,aku selalu ingat,beberapa kenangan semasa kecil dulu...,saat papa selalu berusaha menyenangkan  kami...,dengan apa yang kami suka..,saat papa dapat rejeki banyak,papa pernah  pulang membawa durian satu becak..,penuh!! sampai harus diikat disana-sini..,aku masih ingat senyuman bahagia, sibapak tukang becak,ketika papa menghadiahkannya beberapa buah untuk dibawa pulang...,malam itu ,kami makan durian sepuasnya..,disambung keesokan harinya...,dan malam harinya lagi....,aku selalu suka saat-saat makan durian...,kenapa??karena makan durian nikmatnya terletak pada kebersamaannya itu,saat tangan rebutan ,dan saat tatapan nikmat begitu buah lezat itu menyentuh lidah...,,hmmm....nikmat..!!!tanpa disadari ternyata buah durian itu bisa mendekatkan hubungan juga ya...??

Suatu saat papa juga pernah pulang,membawa  sekandang besar burung belibis....,katanya burung-burung itu sangat lezat kalau digoreng....,waah,....aku masih ingat betapa serunya suasana ketika itu...,aku dan adik2 yg masih kecil kegirangan ,melihat burung segitu banyaknya....,tapi waktu disembelih....,sedih juga.. :'(
Papa juga pernah membelikan sepasang kelinci.,aku lupa namanya,tapi salah satunya cici...,kami menaruhnya diteras atas....,sayang..,tak sempat berkembang..,kelinci itu mati.:'(

Diantara semua kenangan itu....,aku juga pernah kena marah papa..,aku pernah teledor menaruh sepeda abangku,diteras depan rumah....,papa marah sekali...!! Yap..aku memang bodoh...,waktu itu tak terpikirkan begitu mudahnya orang mencuri sepeda itu...,dengan posisi rumah dipinggir jalan..,tak berpagar..!!aku sangat menyesal....,tapi tak lama setelah kejadian itu...,papa malah membelikanku sebuah sepeda mini ,warna merah..,cantik sekali..!!aku memakainya saat kesekolah...,rasanya bangga..!! :)

Semakin beranjak remaja...,aku menyadari papaku...,sebenarnya orang yang sangat lucu...,banyak kebiasaan-kebiasaannya yang membuat orang selalu tertawa...,papa itu suka bersenandung lagu arab...,tapi dengan kata yang selalu dipelesetkan...,kadang hanya sekedar untuk menggoda ibuku....,yang sejak dulu ,semasa mudanya sering menyanyikan lagu-lagu arab..papa tak peduli bila lagunya itu salah...,hehee..
Papa juga suka iseng...,mengganti atau menambahkan nama orang sesuka hatinya...,banyak yang mendapat gelar baru dibelakang nama mereka..,salah satu kakakku,malah mendapat nama baru..:Nyi Roro wati eling pinuji takuji-kuji...,hahaha,tapi yang tak kulupa...ia menambahkan nama adikku yang tadinya Hardian,menjadi "Hardian tono nugroho noto susanto arjuno cokro panolo mangun kusumo saputro onjoyo....,ditambah dgn sontoloyo ..hahaha.(.kaya'nya papa punya keinginan bisa bahasa jawa...),kalau anakku yang laki-laki papa selalu menyebutkannya "somong-somong hati kakek...!,sedangkan anak perempuanku,karena namanya dulu Aisyah adiba.papa malah,selalu memanggilnya.."hey...namanya nama orang berjilbab...!!hahaha.....,akhirnya kutambahkan Sadina diawal namanya....,hehehe..papa..,papa..,oh ya...cucunya semua memanggilnya dengan sebutan "kakek Polo...!! nama buatannya sendiri...,hehe..lucu yaa...?,

Itulah papa....,ia selalu bisa menghibur hati....,saat ia makin tua pun ,kelucuannya semakin menjadi-jadi...,saat sakitnya sudah semakin bertambah...,dia malah bilang.."mungkin kakek belum dipanggil; Tuhan ,karena surat-surat kakek,belum lengkap....!!!hehee...ia membuat kami semua tertawa...,namun tak sampai setahun akhirnya ia dipanggil juga....,/itu pasti karena surat-suratnya sudah lengkap... :'(

Aku tak ada didekatnya saat papa menghembuskan nafas terakhirnya,rasanya tak sabar menunggu jadwal penerbangan pesawatku yg terus saja mengalami delay..,aku takut tak dapat melihat wajahnya untuk terakhir kalinya,tapi ternyata Tuhan masih memberikanku kesempatan untuk melihat wajahnya yang damai meskipun sudah didalam ambulan....,papa memang sudah tua...,tapi wajahnya terlihat lembut dan sangat damai dalam tidur panjangnya..,dan aku.....,tinggal dengan kesedihan yang sangat dalam ....,menyesal karena tak banyak menggoreskan kenangan semasa hidupnya...,tapi hatiku berkata,papa juga pasti sangat sayang padaku,seperti juga aku menyayanginya...:'(

Dan kini...,ketika papa sudah tiada..,aku malah semakin merasa sangat sayang padanya...,meski hanya dengan kenangan yang sedikit,tapi, aku dapat menuliskannya dan dapat dengan jelas mengingatnya ... ,dengan semua kenangan itu aku berharap papa mendapat tempat yang terbaik disisiNya....,semoga dengan kegembiraan yang selalu ia berikan kepada orang-orang didekatnya ,bisa menjadi amal sedekahnya...,membuat terang benderang alam tempatnya sekarang.....(,Amin ,ya Allah, amin...)
Selamat jalan papa....,selamat jalan kakek polo.

26 March 2011

Tangisan Lara

Lara..., aku melihatnya melamun lagi,sama seperti kemarin dan kemarinnya lagi. Tapi,seperti kemarinpun aku tak melihat ia menangis sebagaimana mestinya,tak ada deraian airmata,hanya matanya yg basah dengan sedikit ait mata menggenang disana,tak tumpah.
Entah apa dan kekuatan apa yang membuat Lara seperti itu,padahal aku tau ia sangat ingin menangis,pasti ia ingin menumpahkan semua  yang ia rasakan.


Lara,adikku...,ia masih sangat muda,usianya belum genap 20tahun,dan aku sangat mengaguminya,ia gadis yang sangat tekun belajar,semua waktunya ia gunakan untuk membaca.Tak pernah ia lewatkan hanya untuk sekedar main apalagi seperti yang anak-anak muda lain lakukan,pacaran.Memang dulu saat SMA ia beberapa kali sempat ada yang mendekati,tapi ,ia tak menanggapi.katanya semua lebih enak dijadikan sahabat."nanti aja deh mbak,kalo aku udah kuliah,katanya aku  takut nanti nilai ku jelek..,kasian papa..,udah ngeluarin biaya sekolah buat aku.Itulah hebatnya Lara,ia bisa memahami,bahwa hidup kami memang pas-pasan,pengertiannya luar biasa dan papa sangat bangga padanya,nilai kelulusan Lara selalu diatas rata-rata,bahkan berkat kegigihannya kini ia kuliah dengan mendapatkan beasiswa ,aku juga bangga padanya.


Kedekatanku dengan Lara bukan hanya sekedar kakak-adik,kami seperti sahabat,selalu berbagi apapun yang kami rasakan.Ketika aku memasuki dunia kerja ,ia juga yang penuh semangat menyemangati aku,"ayo mbak,terima aja,aku yakin mbak bisa lebih hebat diperusahaan itu,aku  doakan mbak juga dapat pangeran disana..,hehehee,satu hal yang memang aku idam-idamkan,setiap malam kami selalu menghabiskan waktu dengan berbagi seperti itu sampai akhirnya salah satu diantara kami tertidur dan salah satunya lagi...,melengos tersadar karena bicara dengan orang sudah pulas tertidur,hahaha.,,menyebalkan.


Tapi beberapa bulan kemudian akhirnya adikku Lara "kejatuhan cinta" juga,salah satu teman nya ada juga yang nyangkut dihatinya,ia sangat malu waktu ku berondong dengan pertanyaan seputar kegugupannya bila menyebutkan nama temannya itu.. "Ra...ngaku deh..,kamu jatuh cintakan?,wajahnya memerah.,malu. Udah,kamu nggak perlu malu.justru kalo kamu nggak jatuh cinta,itu namanya nggak normal dan patut dipertanyakan, aku senang..,akhirnya kamu jatuh cinta juga.,rasanya enakkan..hehee...aku terus menggodanya sampai larut malam.Karena tak tahan terus digoda,Lara hanya menyembunyikan wajahnya dibalik bantal sampai akhirnya tertidur,tinggal aku yang geleng-geleng kepala melihat tingkahnya.


Akhirnya aku tau juga,nama cowok itu Fanno,tapi kata Lara,ia tak berani memberikan sinyal-sinyal ,bahwa ia juga suka padanya,ia terlalu pemalu,tentu saja,karena menurutku Lara baru saja  mulai membuka diri untuk sesuatu yang bernama cinta,dulu,saat remaja lain merasakan jatuh cinta,ia malah sibuk dengan buku-bukunya,ia sedikit terlambat untuk merasakan getaran-getaran itu,tapi lambat laun Lara semakin terbuka padaku,tentang perasaannya,setidaknya aku lega ,ia mau membagi perasaannya padaku.


Tapi,aku sangat sedih karena ternyata cinta adikku tak pernah berbalas,bukan karena Fanno menolak adikku,bukan.bukan itu ,Lara dan Fanno mungkin memang bukan diciptakan untuk bersama,meski mereka baru saja berusaha untuk saling mendekat, ternyata Tuhan berkehendak lain,Fanno pergi,ia meninggalkan seluruh dunia dan seisinya,meninggalkan orang-orang yang mencintainya,meninggalkan adikku Lara.,saat cinta itu baru saja bersemi dihatinya,aku menangis,orang tua Fanno menangis,teman-teman-teman Fanno menangis,semua orang dipemakaman itu menangis tapi Lara tidak,ia tidak menangis,ia sangat tegar...,hanya sedikit airmata,bukan tangisan pada umumnya.Aku hanya bisa memeluknya,aku tau ,meski ia tak menangis,sebenarnya hatinya pun terluka,ia pasti sangat ingin menangis.Sampai semua orang meninggalkan pemakaman itu.Lara tetap seperti itu,tak banyak berkata.Lalu kami pulang meninggalkan tanah pemakaman yang semakin sepi diiringi hari yang beranjak sore.Aku terus mengenggam tangannya..


Malam itu,kami tak banyak bicara.aku hanya memeluknya dan berkata"menangislah kalau memang ingin menangis.Dan Lara hanya diam.kulihat airmata itu mengalir dikedua matanya yang terpejam,tak banyak,tak tersedu-sedu,ia sangat kuat,kupeluk ia erat.


Seminggu berlalu,aku dan Lara memang tak lagi banyak bicara,aku memberinya sedikit waktu untuk meredakan kesedihan,aku sangat memahami bagaimana perasaannya dan berdoa semoga Tuhan memberikan ia kesabaran dan ketenangan  yang bisa membuat ia melepaskan kesedihan dengan cara yang wajar.Ternyata Tuhan mendengar doaku.Hari ini ,ketika pulang kerumah,aku menemukannya dikamar,sedang menangis sejadi-jadinya,tangisnya tumpah membasahi selimut digenggamannya,aku belum pernah melihat ia seperti itu,aku memeluknya mencoba memberikan kekuatan ,setidaknya ia bisa merasakan ketulusanku.
Lara menangis lama,dan aku membiarkannya sampai puas,ia harus memperlakukan dirinya sebagaimana mestinya.,bukan menyiksa dirinya sendiri dan membiarkan luka itu menjadi bom waktu yang bisa menyakiti dirinya sendiri,Lalu ketika ia mulai tenang,ia mengusap sisa airmatanya. "mbak,tadi aku ditelfon sahabatnya Fanno,terus,ia mengirimkan aku sms Fanno,sebelum ia meninggal,lalu Lara membiarkan aku membaca sms itu, "Van...aku mau kerumah Lara,aku mau nembak dia,aku harus bilang hari ini juga Van,aku gak mau lama-lama memendam perasaan ini,Lara itu bener-bener bikin aku jatuh cinta,kalo aku gak berhasil,nanti tolong kamu yang sampaikan ya.,bilang aku cinta mati sama Lara.
Aku merasa badanku menggigil membaca tulisan itu,Fanno ternyata meninggalkan pesan itu.seolah tau dirinya akan pergi,seolah tau dirinya akan tewas dalam kecelakaan maut itu.dan  benar-benar membawa cintanya sampai mati dan aku tau mengapa Lara menangis,karena sekarang ia tau Fanno mencintainya,kemarin ia berusaha tegar dan menghibur dirinya  karena cinta itu memang belum terikrarkan,belum terucap,ku belai rambutnya,aku tau Lara  masih ingin menangis.


"Ra,kita doakan dia ya,semoga dia tenang disana,semoga Tuhan memberinya tempat yang indah disana,disisiNya.suaraku bergetar mengucapkan itu,karena aku juga mulai menangis.Lalu Lara memeluk ku melanjutkan tangisnya,suara tangisnya mewarnai malam yang terasa semakin kelam.
Bagaimanapun aku lega melihat Lara menumpahkan tangisnya,tangis yang sudah semestinya.


*untuk seorang teman..,semoga ia tenang disisiNya.

21 March 2011

Berkumis itu cantik.

Beberapa yang waktu lalu,putri kecilku sempat terganggu dengan bulu-bulu halus yang tumbuh diatas bibirnya.Sebelumnya kerisauan itu tak pernah terjadi,karena tak satupun teman-temannya menganggap bulu-bulu halus itu sebagai sesuatu yang menganggu.
Kelas 1 ,sukses dilewati dengan aman...,naik kelas 2 ,ada ,beberapa kali pertanyaan sempat muncul,
"kenapa ya ma?kok ada bulu-bulu halus ini?ini kumis ya ma?.dan aku bilang itu bukan kumis,kumis cuma ada pada laki-laki,lalu setelah itu .aman...
 Naik kelas 3,diawal-awal mulai muncul lagi pertanyaan itu,makin lama semakin sering,katanya teman-teman disekolah sering iseng meledeknya...,dan aku kembali menenangkannya,kataku..
"kakak tau nggak kenapa bulu-bulu itu keliatan lebih jelas dari yang lain?
karena kulit kakak lebih putih dari yang lain,sekarang kakak mau kulit yang putih atau tidak? dan dia menjawab..."iya ma..,kakak mau kulit putih aja..
Nah sekarang kita harus bersyukur sama Allah karena udah dikasih tubuh yang sempurna dan bonus kulit yang putih.Kakak,menganggukkan kepala tanda ia mengerti dan aku cukup lega,ia mengerti apa yang dimaksud dengan memiliki kekurangan dan kelebihan.tapi tak lama berselang,sesekali ia masih sempat menanyakan hal itu lagi,berulang-ulang.
Tapi...kemarin,sesuatu terjadi,ia berkenalan dengan seorang teman baru ditempat ia mengaji,ia membawa temannya itu main kerumah,Nuni namanya,anaknya kalem,manis,berambut panjang,aku memperhatikan dari balik jendela,mereka asyik bermain apa saja,sesekali mereka ngobrol,putriku terlihat senang,kubiarkan mereka terus bercerita. Ketika Nuni pulang,putriku langsung bercerita tentang teman barunya itu..."mama...sekarang kakak sahabatan sama Nuni ma.,dia baik lho ma...,kakakkan cerita...,
"Kamu liat nggak aku kayak berkumis?hehee...(padahal menurutku itu sama sekali bukan kumis,bulu-bulu itu halus sekali...,tapi ia terlanjur menamainya kumis...,hiiks...)
Kamu tau nggak,aku sering diledekin sama teman-teman sekolah aku. 
Terus ma...Nuni bilang gini... 
"Eh...,kamu tau nggak,kalo anak perempuan berkumis,itu tandanya gedenya nanti dia jadi cantik lho...,kan enak kamu nanti gedenya jadi cantiiik
hehehe....gitu katanya ma,berarti nanti kakak gedenya cantik ya ma?,wajahnya terlihat senang.
aku senang melihat ia sebahagia itu....,dan kutambahkan..
."iya Nuni benar kak,mama aja dulu waktu kecil ada bulu-bulunya juga...,nih,sekarang masih ada dikit..hehehe..
,ah..mama...,nyama-nyamain aja,jawabnya protes,tapi ia benar-benar terlihat senang,terus katanya lagi.
."nanti ma..,kalo disekolah kakak diledekin lagi,kakak mau bilang,anak cewek yang berkumis,nanti gedenya pasti cantik banget...huuuuu...pasti yang lain pada ngiri....hehehe....  
aku benar-benar lega dan berterimakasih pada Nuni,teman barunya itu...,berkat kata-katanya lah,putriku merasa tumbuh rasa percaya dirinya,aku sadar bahwa ternyata,sebuah pelajaranpun bisa didapatkan dari seorang anak yang masih kecil...aku berhutang padanya,semoga Nuni menjadi anak yang bahagia,,,dan terus,menjadi sahabat baik bagi putriku,ia membuat putriku..tak lagi menganggap "kumisnya "itu sebagai satu kekurangan,tapi sebagai kelebihan ia telah menyadarkan putriku bahwa "berkumis" itu berarti cantiiik.
 makasih ya..Nuni. :)

20 March 2011

Sebuah Penantian

Setiap siang ,aku selalu melihat laki-laki tua itu duduk dihalte
Larut melamun,menatap lalu lalang kendaraan yang lewat,sesekali memandang orang-orang yang berdiri.
Entah apa yang ada didalam pikirannya.Bahkan sampai aku pulang pun,saat hari hampir senja dia masih saja  ada disini,dihalte ini.
Wajahnya menyimpan banyak pertanyaan,sesekali terlihat sedih,bingung.
Dan aku semakin penasaran.Rasanya ingin menyapa,tapi situasi tidak memungkinkan,saat halte ramai,hampir tak mungkin untuk bertegur sapa.Semua dlm sikap waspada..Ya...jika tak ingin menjadi mangsa para copet yang tak jelas lagi rupanya,bisa seperti preman,wanita atau bahkan laki-laki berdasi,meleng sedikit dijamin dompet melayang..
Tapi dalam hati aku berjanji besok-besok,saat halte ini agak sepi,aku akan mencoba untuk bertegur sapa dengan laki-laki itu,sekedar memuaskan rasa penasaran yang menggelitik hatiku...

Dan,sore ini aku melihatnya lagi.
Ahh,lega rasanya melihat halte ini tak ramai seperti biasanya.
Kuberanikan diri untuk menyapa
"Pak....saya duduk disini ya?
Oh....Silahkan neng,senyum mengembang dibibirnya.
"Saban hari ,bapak senang liat neng..nunggu bis disini.Neng mirip sekali dengan anak bapak..
Suaranya terdengar agak serak...
"Bapak punya anak?tanyaku heran.."anak bapak dimana?
Dia terlihat sibuk mengusap rambutnya,seolah sibuk memikirkan jawaban yang pantas untuk pertanyaanku..
"Sudah 3 tahun ia tak pulang...,terakhir bapak mengantarkannya disini,dihalte ini.
"Seorang teman mengajaknya jadi TKW.Setelah itu ia tak pernah kembali..
Kulihat pendangannya memelas,sesaat,mata tua itu basah.
"Bapak rindu Neng.
Aku sangat-sangat menyesal,telah menanyakannya.
Aku mengerti kerinduan yang dirasakannya,rasa yang pasti membuat dadanya sakit ketika rindu itu datang..
Aku yakin 3 tahun ini dia sangat menderita,didera rasa rindu pada anak gadisnya.
Aku mencoba menenangkannya,tapi aku tau takkan cukup menghibur deritanya,takkan bisa...
Ku usap punggung tangannya.
"Sabar ya pak.., kita doakan saja semoga dia baik-baik saja.
Agak ragu kuucapkan kalimat itu..,ada beberapa kemungkinan,tentang apa yg terjadi pada anaknya itu..
bisa saja ia ditipu ,dan  tak tau bagaimana harus lari, atau?
Ahh...aku tak berani membayangkannya,semoga saja tidak
Sebab aku tak mau laki-laki tua ini tersiksa.Aku tak mau ia melewati hari-harinya yang semakin senja ,hampa dihalte ini,aku membayangkan bagaimana bila ia adalah ayahku sendiri.Menanti dengan harap-harap cemas,tak tau harus berbuat apa dan harus bertanya pada siapa,ketidakmampuan nya untuk mencari informasi juga  semakin membatasi gerak langkahnya,sungguh aku ingin membantunya keluar dari penantian yang melelahkan ini.,aku ingin berbuat sesuatu untuknya,entah bagaimanapun caranya.Yang jelas aku hanya ingin memberikan satu kepastian yang akan membuatnya lega terlepas dari anaknya masih ada atau tiada.

Tiba-tiba aku teringat ada janji yang harus aku penuhi sore ini.
"Maaf pak...,saya harus pergi....,suaraku memecah kebisuan diantara aku dan laki-laki itu.,"saya akan coba untuk membantu bapak,semampu saya,tapi bapak harus siap dengan apapun hasilnya.
"Iya neng...,bapak juga mau pulang.Besok bapak kesini lagi,bapak sudah siap dengan apapun kehendak Tuhan neng,bapak hanya ingin tau anak bapak baik-baik saja..
,baik itu didunia atau disana.Air matanya menetes ketika mengucapkan itu...,aku tau,ia pasti sangat sedih,aku merasakan itu lewat tatapan matanya,ku tepuk pelan punggungnya,"bapak sabar yaa..,kita doakan yang terbaik untuknya...
Dia tersenyum,"bapak juga ingin melihat neng lagi...,mirip sekali..
"Iya pak..,bapak boleh menganggap saya seperti anak bapak sendiri,ujarku aku ingin memberi sedikit penghiburan dihatinya yang sudah semakin tua."Hati-hati dijalan ya pak,sampai jumpa besok.Aku membalas lambaian tangannya dengan tetesan air mata.

Sepanjang jalan aku terus memikirkan laki-laki tua itu,memikirkan cara yang bisa aku tempuh untuk membantunya.
Memikirkan kerinduannya menanti dihalte itu.Entah sampai kapan penantian itu akan terus dilaluinya.Aku sangat ingin penantiannya segera berakhir.Semoga Tuhan mendengar semua inginku..
Semoga Tuhan segera memberi jawaban,tentang sebuah kepastian..
 ada   atau tiada ,Semoga....

Lagu sedih...

Lagu sedih  itu  menyayat hati
meski ia santun mengalun
Tapi membuat mata tak  bercahaya
Membuat bibir tak  bisa tersenyum...

Dia menghentak denyut  jantung
membuat  mendung  bertambah murung

Lagu sedih itu semakin mengurung
Dijiwa tak beruntung
Tak sanggup lagi...ia bertarung...

Masihkah kau  biarkan aku terkurung ?

19 March 2011

The Mask Of Monkey...

Aku melihatnya setiap berhenti dilampu merah,kemanapun aku pergi,seolah-olah dia menguasai,pertigaan,perempatan,dia selalu ada,dimanapun.,tak pagi tak siang tak malam,kasihan.Dengan rantai dileher,pasrah kemanapun si"Bos"menariknya kekiri ,kekanan,bahkan berputar-putar,kadang dengan dandanan bak artis Rock n Roll,kadang seperti seniman tradisional kadang dengan baju berumbai-rumbai semarak warna-warni,bersepeda,berpayung bak penari..

Ada yang melihatnya dengan wajah suka,lalu melempar kepingan koin atau bila beruntung ia akan mendapatkan selembar ribuan dan masuk kekaleng si"bos,dan aku miriiis..

Sedih juga melihat ia menjadi tulang punggung si-bos,sedih membayangkan perasaannya(meski ia hanya seekor hewan),mungkin aku terlalu berlebihan,apa mungkin ia punya perasaan?tapi setidaknya ia juga sama seperti kita,punya rasa lelah,.punya rasa takut dan rasa bingung,mengapa ia harus selalu dipertontonkan apa hebatnya bila semua yang dilakukannya ,ia lakukan karena rantai besi yang terlilit dilehernya.apa hebatnya bila ia harus melakukannya dibalik sebuah topeng berwajah bayi lucu,menutupi ekpresi ketakutannya,kebingungannya dan si-bos dengan santainya duduk ,menghisap rokok,bersandar dipagar,dgn sebuah topi menutupi wajahnya dari teriknya sinar matahari.Lalu dengan segera menarik rantai itu bila ia merasa simonyet terlalu lamban.Dari cerita yang kudengar,untuk menjadi seperti itu ,ia harus mendapatkan training khusus.Sejak kecil,ia harus tidur berdiri dengan tangan diikat kebelakang,dan tali dikepala seperti orang bunuh diri saja.ia juga harus didopping dengan jamu ramuan ,ia harus menjalani serangkaian latihan berat ,melompat,berbalik dan dengan tangan terikat.
Dan penderitaan itu terus berlanjut sampai ia siap untuk dipertontonkan.Kurasa ia harus menjalani hidup seperti itu sampai ia tak mampu lagi bernafas.Sampai ia tak mampu lagi menghasilkan.

Setiap lewat didepannya,aku memperhatikan wajah si-bos ,aku menampakkan wajah marah dan hampir selalu mendoakan semoga si-bos mendapat mimpi buruk dalam tidurnya,semoga dalam mimpinya itu ia menjadi pelakon utama nya.dan simonyet menjadi bos nya.Supaya ia merasakan perlakuannya sangatlah tdk menunjukkan kecintaan kepada mahluk Allah.,kadang doaku itu menjadi semacam omelan berbuntut panjang,tak berhenti sepanjang jalan.
Lelah melihat penindasan itu terus menari-nari didepan mata,tapi kadang kudoakan juga semoga si-bos mendapat pekerjaan yang layak dan dengan rela melepaskan simonyet itu menjadi mahluk yang lucu secara alami...tanpa harus memakai topeng lagii.
semoga ia bisa sadar dan memahami bahwa selama ini ia salah memaknai kecerdasan hewan pasungannya itu,semoga..Ahh..,,.begitu banyak kata semoga ku yang ingin kusampaikan padanya,pada setiap pemain setia bertopeng  dilampu merah itu,semoga ia tak lagi menjadi tempat bergantung mental-mental yang tak siap bertarung.(hingga mereka menjadi manusia yang seringkali harus mematikan naluri kebaikan dalam  jiwanya  sendiri..)..,semoga suatu hari nanti ia tak lagi ada dilampu merah itu.Semoga..

18 March 2011

Jenuh.......

huuuh....,aku tak tau mengapa rasa jenuh ini datang tiba-tiba,merusak pikiran baik yang dari tadi selalu aku jaga,tak peduli pikiran baik itu baru saja lewat,bahkan belum lama berselang ,belum satu jam,semua hilang.
Kejenuhan datang meski tak pernah  kuundang.Sebenarnya aku tak suka rasa ini,
rasa yang tak karuan ,tak jelas arah,tak jelas keinginan,sangat .membosankan.
Huuh....entahlah,yang jelas rasa jenuh ini harus cepat kumusnahkan,meski aku tau,suatu saat ia akan datang lagi..,secepat membalikkan telapak tangan.
Aku hanya merasa aku harus menjaga pikiran ini supaya tetap baik dan mencegah supaya rasa jenuh itu tak datang lagi,
seperti kata seorang sahabat,aku perlu me-minimize semua jendela-jendela program yang ada,mungkin aku perlu  Refresh..,.aku perlu tombol F5...,aku perlu mengklik tombol itu sebanyak-banyaknya,selama aku membutuhkannya,selama aku menginginkannya.
Ya,sahabatku benar mungkin aku perlu membuat diriku merasa segar dan sedikit merasa istimewa,semoga rasa jenuh itu segera meninggalkan aku,karena aku tak ingin menahannya  ,dan membiarkannya menguasai pikiranku terlalu lama,.terjebak dalam kejenuhan yang akan membunuh imajinasiku.

Gara-gara lupa

Lupa...,satu hal yang bikin aku sangat-sangat kesal,dengan kebiasaan jelekku yang susah sekali untuk dihilangkan..dan aku berharap semoga untuk selanjutnya kelupaan-kelupaan itu akan terus berkurang.
Sekarang aku menyiasatinya dengan membuat catatan-catatan kecil,yang aku tempel ditempat-tempat yang setiap saat aku bisa lihat,misalnya:dicermin.(heee)...

Dulu,aku gampang lupa dengan nama seseorang,kadang ingat wajah tapi lupa namanya,kadang ingat namanya,tapi gak ingat orangnya.kalo orangnya tau pasti kesel banget sama aku ya?
Tapi,ya ,menurutku itu bukan cuma aku kok,banyak orang lain juga begitu,jadi untuk hal itu,aku maklum aja..,manusia gak ada yang sempurna...(membela diri..:)

Kemaren-kemarennya lagi  aku juga suka lupa dimana nyimpan sesuatu,seperti lupa naruh sisir dimana,lupa naruh kunci,lupa naruh dompet...hehe,kelupaan benda satu ini ,bikin nyesek banget.Lupa harus makan obat.ya,kelupaan kecil yang kadang bisa bikin emosi naik karena seringkali dianggap sembrono,hiiks..
Dan aku lagi-lagi coba mengatasinya dengan minum "satu produk "yang katanya bikin orang gak jadi pelupa..
Semogalah dengannya kelupaanku akan berkurang....(amin..)

Tapi dari semua kelupaanku,yang paling bener-bener membuat aku sangat-sangat pilu,adalah ketika kemarin pagi,aku lupa memasukkan bekal anak-anak kedalam tasnya ,padahal aku udah nyiapin sejak pagi masih gelap,dan aku bener-bener gak nyadar kotak makan dan minumnya tergeletak begitu aja diatas meja..olala..,padahal entah berapa kali aku mondar-mandir lewat didepan meja itu.
Untunglah ketika adek minta jajan,aku kasih 2ribu,(padahal dia gak pernah minta jajan..,baik ya dia?hehe..)dan sikakak, karena udah kelas 3 biasanya minta jajan,entah buat beli sticker,atau notes mini,hari itu gak minta sama sekali.
Saat pulang sekolah,si adek langsung protes::mama..,bekal  adek mana?kan laper ma...,untung tadi  ada uang 2 ribu..,jadi tadi beli nasi goreng. Mukanya memelas,sedikit kesal..menyalahkan aku...,hiks..
aduh..,mama lupa sayang...,maafkan mama ya..?(uhh...dalam hati...keseeeeeelnya minta ampun..)
Dan kaget ternyata bekal itu ada diatas meja.yah,berarti sekarang aku harus siap-siap menghadapi si kakak.
Dan,tak lama kemudian putri kecilku itu muncul juga didepan pintu....dengan muka memelas..tapi dia gak marah.Kata-katanya lembut sekali....
"ma....tadi kakak rasanya jadi orang miskiiiiiin bangeeeet.Gak punya makanan...,gak punya minuman...,mama lupa ya..masukin bekal?
Ya Allah....,mukaku merah...,.kata-katanya menyentuh lubuk hatiku...kelupaanku itu membuatnya merasa menjadi seperti itu,segera aku minta maaf dan mencoba sok bijak menjelaskan ,bahwa ada hikmah yang bisa dipetik dari peristiwa kelupaan mamanya,setidaknya,putriku jadi tau gimana rasanya jadi orang yang gak punya apa-apa.Dia mengangguk-angguk tanda mengerti maksudku.Dan untuk membalas kesalahanku...bergegas aku kedapur,untuk menghadiahkan mereka spaghetti favorit dengan parutan keju yang banyak dan pasti.yummy.Sambil merebus pasta aku terus berkata-kata dalam hati"aku gak mau lupa lagi....Ya Allah..,aku bener-bener gak mau lupa lagii :'(..,tapi tiba-tiba aku tertawa...,dari kamar terdengar suara anak-anak mengikuti lagu dari cd...,seperti menyindirku....setengah teriak mereka nyanyi..: Lupa..lupa..lupa..lupa...lupa lagi mamanya....,lupa..lupa..lupa..lupa..lupa bawa bekalnya..,hahaha...,lirik lagu dari kuburan itu mereka ganti seakan sengaja menyindirku...,semua ini gara-gara lupa.Nggak lagi-lagi deeh..

17 March 2011

UTS oh UTS...

Deg-degan ,cemas,setiap anak-anak ujian aku selalu geregetan dirumah.
Rasanya doa pun ,serasa tak cukup,tapi lucunya anak-anak tetap santaii. :(
Begitu pulang sekolah....pas ditanya...jawabnya..:tenang aja ma, gampil banget.hihihi..
Pagi-pagi aku udah buru-buru nyiapin segala sesuatunya,anak-anak punya sifat berbeda..
Sikakak,bener-bener..slowly girl..,enjoy,banget...geraknya pelan..,gak peduli mamanya udah teriak-teriak ,eh dia dengan santainya menjawab:kenapa sih ma ,harus buru-buru...hehe....ngeselin yaa?
Kalo adek bener-bener bawaannya selalu aja takut telat,kadang sampe nangis karena bete liat kk yang slowly,...(mudah-mudahan ini bisa secepatnya berubah..)
Ya begitulah...apalagi saat ujian seperti ini ketegangan semakin bertambah,padahal mestinya aku gak boleh terlalu cemas,apalagi bila mereka sudah mengulang baca pelajarannya,masalah hasil seharusnya juga tak perlu dicemaskan ,yang penting sudah berusaha...
Ya....semoga saja pas nanti saatnya nilai-nilai udah dibagikan aku bisa tersenyum lega dan aku gak kan marah bila hasilnya gak setinggi yang kuharapkan,aku bangga dengan usaha mereka,toh kecerdasan bukan hanya dinilai dari besarnya angka,kecuali kalo mereka main,gak baca buku...,trus nilainya jelek...ya pastilah omelanku akan terus menggema sepanjang hari.Oh Uts...cepatlah berlalu...biar aku gak stress hiiks.. 

Baby drawing park-by tita,my little girl:)

 Pada suatu hari,ada seorang ibu Melahirkan bayi ajaib. nama bayi Itu adalah:Orchid.baru 9bulan sudah

  Bisa menggambar taman .  wah,memang ajaib ya. BiasanyaBaru umur  6,7,8,9,10 th,dll
.kataTeman ibunya, : lah, kok bisa begitu..Ajaib ya ?, kata teman ibu.
Ibu menjawab, iya dong memang kenapa .
ibu bicara dengan Sombong.
kata  teman ibu, di dalam hati : ih sombong...
dan ibu tidak punya teman lagi.aduh aku tidak punya teman lagi nih,gak,bisa cari teman lagi,aku bete nih.
Ibu merasa ibu sombong,akhirnya  Bayinya juga begitu tapi sekarang
Bayi itu milih-milih teman,sekarang bayinya sudah besar,sudah 10 th
Gimana Kalau sudah 68 th dia masih milih teman,sama kaya ibunya gimana dong?
teman Bantu ya  teman,aduh gak ada yang mau teman lagi nih
,ibu merasa sedih,hiks….hiks….hiks….,
Tolong dong anak ku, bayi juga  merasa sedih.

                  Selesai

Dino Park-by.Naufal,my little boy :)


 PADA SUATU hari Vicki dan roy
     Pergi KE dino park bersama keluarga
     Vicki senang sekali karena mereka
     Suka dinosaurus akhirnya roy……
     Ketakutan liat tirex. si roy
     Langsung melarikan diri
     Ibu dan ayah kaget
     Ibu:ayah lihat si roy melarikan diri
     Ayah:ha…apa ?kejarrrrr…..
     Vicki:ha…apa yang di kejar?
     Apaitu yang di kejarrrrr?
     Ayah:haihhh…… kejarrrrr itu kejar
     Ayah:ayo cepatlah
     Ahirnya si roy diculik .dan ada suara :
     Tererereng……..  trerereng….
      Ternyata itu adalah suara pengamen.
      Hahahaha….
     Pengamen kan bukan penculik
     Hihihi…bukan-bukanlahhh
     Jawab:penculik ..
     Betul sekali roy bukan diculik dia sedang
     Melihat pengamen main gitar..bunyinya
     Tererereng…tererereng..hahahaha..

                        Selesai

Tok bah,sebuah kenang cinta untuknya..


Tok Bah,begitu dulu kami memanggilnya.
Ia adalah ayah dari ibuku,seperti orang memanggil dengan sebutan kakek,eyang,atau aki dalam bahasa daerah lainnya.Tok Bah,adalah satu sosok yang sangat istimewa dalam hidupku(pasti juga dihati anak-cucu lainnya)
Sosok yang penuh cinta.Mengenangnya membuat senyum selalu ada diwajah kita,dan pada akhirnya hampir selalu ditutup dengan air mata,soalnya ia memang sgt spesial,penuh teladan semasa hidupnya.

Dulu,saat aku masih SD,aku selalu tak sabar menunggu libur tiba.Hampir bisa dipastikan setiap libur kami selalu mengunjunginya.Jarak tempuh,Dumai-pekanbaru ,dulu harus ditempuh dgn bis sekitar 4,5 jam,dengan kondisi jalan yg turun naik,membuat aku&adik2 selalu mual...dan muntah...(yeaks...)Tapi semua rasa tak enak itu hilang,begitu aku sudah sampai didepan rumah Tok Bah yang penuh kenangan itu.
Tanaman bambu & bunga kembang sepatu ditata menjadi pagarnya,aku suka sekali meraba permukaannya yg rata,setelah dibabat setiap ujungnya.Dihalamannya yg luas,ada 2 pohon kelapa gading & rumput yg hijau serta pohon jambu air yang buahnya lebat dan merah merona,disela2 tanaman yg lain tumbuh merambat,tanaman saga yang cantik sekali rupa bijinya,ahh...mengasyikkan sekali bermain dgn tanaman-tanaman itu.

Masuk kerumah,aku selalu suka dgn hiasan dindingnya,disatu sisi,tergantung sehelai kain semacam permadani yg bergambar,singa jantan & betina serta anak-anaknya.Hmmm,sangat keren.Ada juga lukisan sungai siak & beberapa lukisan lainnya.hanya waktu kecil gambar singa itu yg sangat menarik perhatianku,selain juga kainnya sangat lembut bila disentuh.
.Aku masih ingat ,dulu saat nonton TV aku suka membuka tutup lemari TVnya,unik sekali ,harus dibuka kiri & kanan seperti gorden penutup sebuah pementasan.Begitulah khayalanku waktu itu.Terkadang TV itu harus diketok-ketok dulu,kalau rewelnya kumat,tapi tentu saja itu bukan halangan untuk berasiik-asik dirumah tok bah.

Tok Bah ku itu sangat kreatif,ia bisa membuat apa saja dari barang tak berguna.ia pernah membuatkan kami celengan yang terbuat dari tempurung kelapa,diamplas halus,diberi semacam tambahan lain ,dan ternyata itu adalah sebuah celengan.berbentuk buah manggis .kami senang menerima hasil buatannya itu..Sekali waktu aku juga kagum dgn burung yang dibuatnya dari serpihan sabut kelapa,sangat keren.
Tok Bah juga pandai menari ,entahlah aku lupa namanya,sejenis tarian dgn menghentakkan kaki.hingga sepatu mengeluarkan bunyi,tapi sangat harmonis dan lincah sekali,ia juga bisa main drama ,bahkan pernah ditawari sutradara dari malaysia utk main film disana,tapi ia menolak,alasannya,takut anak-anaknya hidup didunia yang bisa menyilaukan mata,pada akhirnya darah seni itu mengalir juga keanak-cucunya,aku bangga mewarisi darah seninya,meski tak seberapa.Ia juga seorang koki yang hebat,ia pernah ditawari utk ikut kapal pesiar ke Amrik,tapi ia menolak juga,alasannya?takut kalau tak sengaja bersentuhan dgn makanan tak halal.

Tok Bah juga sangat menjaga sholatnya.Aku ingat dengan sabuk yang dipakainya ketika akan kemushola.Suara adzannya sangat merdu.Setelah ia tiada banyak yg masih merindukan suara Adzan yg dikumandangkannya.Tok Bah juga sangat peduli dgn kebiasaan anak laki-laki yg bersekolah didekat rumah.entah mengapa pada saat istirahat mereka selalu pipis(maaf) dipojok tanaman pagarnya.sampai ia secara khusus,membuatkan sebuah kotak setinggi dada dg 4 sisi terbuat dari tripleks.Katanya.."Nah,kalau kalian mau pipis,disini saja ya..,jadi aurat kalian bisa sembunyi disini.hatinya benar-benar ikhlas..

Aku juga masih ingat cerita salah satu tanteku.
Katanya,dulu tok bah suka cerita tentang keindahan surga.Disana semua boleh makan apa saja sepuasnya,bahkan sampai perut sekenyang-kenyangnya,mau minta lagi juga boleh,lalu dengan polos tanteku yg masih kecil bertanya...
"kalau banyak makan nanti gimana kalau pengen pup?hahaha...
Trus dijawab..."disana orang makan enak aja gakkan ada rasa-rasa atau hasrat utk buang hajat..,(hehee..)
Tapi sitante kecil tetap pengen tau jawabnya,terus aja nanya,seolah penasaran"tapi Kalau?
Tok Bah menjawab " Heeee....kalo ada yang mau pup ,nanti dia dikirim lagi kebumi.Tapi sendirian.
Hahaha....sejak itu, kalo tok bah cerita tentang surga  tanteku tak pernah lagi nanya soal itu...katanya takut klo dikirim kebumi sendirian....hehehe.....

Ada lagi yang sangat aku suka,ia hobi sekali makan kue putu.Setiap malam kami menunggu tukang putu itu lewat dan kami berebutan mengerubungi pikulan tukang kue putu itu rasanya ajaib aja,ada suara yg bisa keluar dari situ(dasar anak-anak.)Kadang ia mengajak kami berjalan kaki berkeliling.katanya"yuk cu...kita melihat bintang-bintang.Sepanjang jalan iya bercerita tentang kisah nabi,nasehat dan petuah,kalau kami mulai menjelajah dgn lembut ia berucap.."cu...sini cu...Kadang kami tak ingin dibimbing dan dia akan jalan dengan kedua tangan dibelakang,hampir selalu acara jalan-jalan itu ditutup dgn membeli mie rebus dan jus alpukat,.hmmm,nikmat. :)

Tok Bah itu,orang yang sangat ramah,selalu bertegur sapa dengan tetangga atau orang yg dikenalnya.Aku pernah jalan bersamanya,dan ia selalu berhenti untuk sekedar menyapa tetangga ,bersay hello sebentar lalu jalan,lalu berhenti lagi  begitu terus,itu yg masih terbayang sampai sekarang.
Ia  betul-betul teladan bagi kami,banyak kenangan indah bersamanya ,Sayang ketika ia sakit dan berpulang aku tak ada didekatnya,yang tertinggal hanya senyum diwajahnya.Banyak yang kehilangan dirinya...menangisi kepergiannya.
Namun senyum dan tutur kata lembutnya tak pernah hilang dari ingatan,seperti juga aku yang selalu mengingat setiap jengkal benda yang ada dirumah itu,meskipun rumah itu sekarang sudah tak ada ,berganti dgn deret pertokoan.
aku masih bisa mengingat aroma pohon bambu dan rerumputan dihalaman itu.
Mengingat..saat-saat bersamanya,dalam hatiku,kadang timbul harapan ,bisakah anak lelakiku pada saatnya nanti
menjadi laki-laki seperti dia?mewarisi sifat baiknya?bisakah?.,semoga saja..
Aku bangga mengenang & memiliki kakek seperti dia.
Tok Bah,begitu kami memanggilnya.